Cara Wisata Asyik ke Jambi

by
May 26th, 2014 at 2:03 pm

CiriCara.com – Jambi, sebuah ibukota provinsi di pulau Sumatera sebagai tujuan wisata memang belum terlalu dikenal orang. Namun cukup sehari, kita bisa menjelajahi kota ini dan menemukan hal-hal yang menarik dan cukup membuat hati terhibur. Berikut caranya untuk berwisata asyik ke Jambi.

wisata di jambi

Salah satu tempat wisata di Jambi – Ist

Kota bersemboyan “kota angso duo” (dua angsa ini) cukup ditempuh dalam waktu 45 menit dari Jakarta dengan pesawat udara. Terdapat berbagai pilihan pesawat, menjadikan Bandara Sultan Thaha menjadi salah satu bandara yang tersibuk di Indonesia. Karena itu tidak heran bandara ini tengah berbenah dengan melakukan perluasan bandara dan mempercantik bangunan khas Jambi, meskipun bukan rumah panggung, yang dapat kita lihat begitu mendarat di bandara ini. Satu hal yang perlu diingat, pilihlah pesawat yang pagi dari Jakarta dan siang atau sore dari Jambi untuk menikmati Jambi hanya dalam satu hari.

Matahari memang bersinar terik di bumi yang terkenal memiliki sungai terpanjang di Sumatera, Batanghari. Namun teriknya matahari tidak seperti Jakarta yang penuh polusi. Udara di Jambi masih lebih bersih dibandingkan Jakarta walau kepadatan kendaraan sudah memenuhi jalan-jalannya yang mulus seperti Jakarta. Untuk menghindari terik matahari Jambi, disarankan untuk memakai lotion sun block, topi, atau payung.

Kota Jambi alkisah berdasarkan cerita rakyat, terbentuk ketika seorang raja sedang berjalan-jalan mencari daerah baru untuk pertanian. Tiba-tiba dilihatnya sepasang angsa berenang di sekitar sungai Batanghari. Sepasang angsa tersebut kemudian berlabuh di sebuah daerah yang subur di pinggir sungai. Sang raja pun menamai daerah tersebut dengan daerah Angsa Duo (Angsa Dua = sepasang angsa).  Daerah ditepi sungai Batanghari inilah yang sekarang disebut dengan Kota Jambi.

Comment di sini