Cara Wisata Asyik ke Jambi

by
May 26th, 2014 at 2:03 pm
candi moura

Candi di Jambi – Ist

Selain kisah kemunculannya yang unik, Jambi, dulunya merupakan wilayah salah satu pusat kerajaan Melayu. Dan memiliki satu bangunan candi yang luar biasa dan luas, dengan 80 reruntuhan candi dan luasnya sekitar 7,5 km. Candi yang terletak di desa Muaro Jambi ini, sehingga disebut Candi Muaro Jambi merupakan kompleks bangunan Candi. Candi yang sudah bisa dikenali yaitu Candi Astano, Candi Tinggi, Candi Gumpung, Candi Kembar Batu, Candi Gedong, Candi Kedato dan Candi Koto Mahligai. Dilihat dari segi arsiteknya, bangunan tersebut merupakan candi Budhis dari abad ke IV dan V masehi. Untuk mencapai tempat ini hanya dibutuhkan waktu 20-30 menit dari kota Jambi.

Selain Candi, di sini juga ada bangunan megah terkenal lainnya, yaitu Masjid Agung. Kenapa harus mengunjungi masjid ini? Karena masjid ini  dibangun diatas lahan bekas pusat kerajaan Melayu. Masjid Agung ini dikenal juga dengan Masjid 1.000 tiang. Karena tiangnya yang banyak, meskipun jumlahnya hanya mencapai 256 buah, tapi para wisatawan atau pun pelancong yang singgah di masjid menamakannya begitu.

masjid seribu tiang

Masjid Agung Jambi – Ist

Masjid ini baru didirikan tahun 1971, meskipun ide pembangunan sudah dibahas sejak 1960-an. Masjid bernama resmi Masjid Agung Al-Falah ini, berdiri diatas lahan seluas lebih dari 26.890 M2 atau lebih dari 2,7 Hektar, sedangkan luas bangunan masjid adalah 6.400 M2 dengan ukuran 80m x 80m. Sebegitu luasnya masjid sehingga masjid ini mampu menampung 10 ribu jamaah.

Tiang-tiang masjid seperti tulang dapat dilihat jelas dari luar masjid dikarenakan tidak ada kaca pintu dan jendela masjid. Tidak adanya sekat antara ruang dalam dan ruang luar inipun menjadikan masjid ini tidak memerlukan pendingin untuk mendinginkan ruangan. Karena angin yang berhembus dari luar dan tingginya langit-langit mesjid, dengan jejeran lubang angin di bagian atas menjadikan ruang menjadi sejuk. Sementara di bagian untuk sholat, tiang-tiang berwarna emas dan memiliki ornamen bunga khas Jambi, membuat masjid ini kelihatan megah.

Comment di sini