Cara Wisata Asyik ke Jambi

by
May 26th, 2014 at 2:03 pm
pasar tradisional

Pasar Angso Duo, Jambi – Ist

Setelah puas menjelajahi masjid kebanggaan masyarakat Jambi, kita pun dapat mengelilingi kota Jambi, terutama kota Pecinan. Di wilayah ini, hampir mirip dengan pecinan lainnya, rumah-rumah bergaya rumah toko mendominasi wilayah perdagangan ini. Tapi satu yang khas di wilayah ini, terdapat rumah-rumah tinggi yang rapat, ternyata digunakan sebagai rumah burung wallet. Rumah-rumah ini terletak di tengah kota. Hal lain yang terkenal dari pecinan ini, beberapa rumah masih bergaya lama, berupa rumah Melayu dengan kayu-kayunya dan ornamen yang khas. Di Pecinan ini juga kita dapat menemukan pasar keramik dengan motif yang kuno, seperti mangkuk bergambar ayam jago, dll.

Pasar Angsa Duo, sebagai pasar tradisional utama terlihat tetap ramai di siang itu. Meskipun keadaan pasar tidak terlalu terlihat dari luar karena sudah berada di bangunan pasar, tapi aku masih bisa melihat beberapa pedagang berjualan di luar pasar. Kelihatan hasil bumi seperti buah-buahan yang dijual, seperti nanas, pisang dll. Daerah Jambi memang terkenal dengan hasil buah-buahannya seperti durian, duku, atau rambutan. Bahkan buah duku yang dikenal sebagai hasil utama dari daerah tersebut pun kemudian dikenal dengan nama daerah lain, yaitu duku Palembang.

Pada malam harinya atau ketika matahari tenggelam, nikmati suasana di sepanjang sungai Batanghari. Di sana kita juga bisa melihat rumah resmi Gubernur Jambi sebelum menikmati suasana sungai Batanghari. Pada malam hari di kawasan pinggir sungai Batanghari ini, akan banyak penjual makanan seperti jagung rebus atau jagung bakar dll, dan bangku-bangku untuk menikmati pemandangan malam hari di pinggir sungai. Kawasan ini dikenal dengan nama kawasan Ancol, dan diminati oleh anak-anak muda di Jambi ini.

Usai menikmati sore dan malam, kita bisa beristirahat di hotel yang banyak tersebar di Jambi, dengan tarif yang bervariasi. Kita bisa mencari informasi mengenai hotel sesuai budget di website yang ada. Semua hotel di Jambi aman hanya perlu diperhatikan lokasinya, apabila memilih lokasi dekat pasar, tentunya akan banyak bertemu dengan para pekerja seksual atau pasangan yang check in semalam di hotel. Jadi carilah hotel yang tidak dekat pasar tapi tidak jauh dari pusat kota.

Comment di sini