Cara Wisata Asyik ke Jambi

May 26th, 2014 at 2:03 pm
batik jambi

Motif khas kain batik Jambi – Ist

Esok paginya, sebelum kita pulang ke Jakarta, waktunya kita membeli oleh-oleh. Kita bisa membeli oleh-oleh kerajinan seperti kaus, dompet dll di toko souvenir Jambi. Kemudian sesi belanja Batik di kawasan Batik khas Jambi, yang bermotif pecah duren angsa duo atau kapal nelayan. Selain batik, oleh-oleh khas Jambi, yaitu teh dari kebun teh di kawasan pegunungan Kerinci, yang berlabel Aro ini bisa juga ditemukan di swalayan, pasar ataupun restoran khas Jambi.

Setelah puas berbelanja, nikmati mpek-mpek di sebuah restoran mpek-mpek yang terkenal di kota ini, Warung H. Slamet. Disini kita bisa menikmati berbagai macam mpek-mpek, tekwan dan otak-otak. Mpek-mpek yang khas disini, disajikan dalam bentuk rebus dan goreng, dan ada mpek-mpek berbentuk kerang berisi serutan pepaya muda, yang tidak ditemukan di daerah lain. Selain itu ada saus rasanya manis alias tidak pedas sehingga aman dikonsumsi bagi penggemar mpek-mpek yang tidak suka rasa pedas seperti saya. Apabila memang ingin dibawa sebagai oleh-oleh, ada paket mpek-mpek yang sudah dibungkus dengan rapi untuk mudah dibawa.

Sudah puas belanja dan jalan-jalan, hati senang, badan dan pikiran lebih segar, sekarang waktunya kita kembali ke Jakarta. Satu tips untuk transportasi, karena tidak ada taksi di kota ini, yang ada hanyalah angkutan umum, kita bisa memilih berwisata menggunakan angkutan umum. Tapi angkutan umum ini hanya sampai jam 6 malam. Untuk wisata malam dan lokasi yang cukup jauh dari pusat kota, disarankan untuk menyewa mobil yang banyak tersedia di hotel atau agen travel. Selamat berwisata ke Jambi!