Manfaat Penggunaan Warna dalam Kehidupan Sehari-hari

by
May 26th, 2014 at 3:11 pm

CiriCara.com – Warna merupakan suatu elemen penting yang sangat erat kaitannya dalam kehidupan manusia. Unsur warna sangat dibutuhkan dalam berbagai hal untuk maksud dan tujuan tertentu. Menurut teori warna Brewster, warna terbagi menjadi empat bagian besar yaitu warna primer, sekunder, tersier, dan netral. Warna dapat dengan mudah mempengaruhi mood seseorang dimana mood merupakan indikator dari emosi manusia serta warna juga dapat mempengaruhi emotional quotients manusia.

pensil warna

Spidol warna – Ist

“Warna bersinergi dengan makna simbolis yang dimiliki masing-masing warna. Sehingga warna dapat dengan mudah mempengaruhi emosi seseorang, karena setiap individu memiliki warna favorit yang dapat mempengaruhi pandangan dan emosi mereka secara umum,” kata salah seorang praktisi desain grafis Dionisius Palandi.

Berikut ini beberapa tips pengaplikasian warna yang dapat memberikan efek positif:

1. Warna Ungu

Salah satu warna sekunder yang merupakan warna dari fakultas psikologi ini melambangkan kebangsawanan dan keanggunan. Warna ini dapat digunakan untuk mengurangi gangguan insomnia pada malam hari dengan diaplikasikan pada dinding kamar tidur.

2. Warna Merah

Salah satu warna primer ini selalu identik dengan keberanian dan keceriaan. Warna ini dapat digunakan untuk memperkuat motivasi seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti belajar atau bekerja. Dapat diaplikasikan pada ruangan atau benda-benda yang berhubungan dengan kegiatan yang ingin dimotivasi seperti pada meja belajar.

3. Warna Hijau

Warna yang erat kaitannya dengan alam dan suasana natural ini melambangkan keberuntungan dan kesehatan. Warna ini dapat memberikan suasana relaksasi bagi orang yang melihatnya. Sehingga warna ini sangat dianjurkan untuk diaplikasikan pada benda-benda di sekitar individu yang sering mengalami gangguan kecemasan.

bubuk warna dari india

Bubuk warna – Ist

4. Warna Oranye

Warna yang dianggap memiliki tingkat karakter energi yang tinggi ini dianggap dapat merangsang pikiran untuk merasa gembira, hangat, dan antusias. Sehingga warna anti-depresi ini sering digunakan sebagai sarana untuk menarik perhatian di tempat umum.

5. Warna Biru

Warna yang mayoritas disukai kaum pria ini sering diasosiasikan sebagai pemberi ketenangan dan kedamaian. Warna ini diyakini dapat menurunkan selera makan seseorang. Sehingga pengaplikasian pada piring atau peralatan makan lainnya cocok digunakan bagi orang yang sedang melakukan program diet.

Warna bukanlah unsur yang asing dalam kehidupan sehari-hari Anda, dengan pengaplikasian yang tepat dalam kondisi tertentu dapat membuat Anda memaksimalkan manfaat warna yang luar biasa. Selamat mencoba!

Comment di sini