5 Cara Mudah Diet Gizi Seimbang

by
May 28th, 2014 at 3:10 pm

CiriCara.com – Kebanyakan dari wanita pasti pernah bermasalah dengan berat maupun bentuk badan. Dan diet pun dijadikan solusi bagi yang kelebihan berat badan. Sebagian orang berpikir bahwa diet tidaklah sulit, karena hanya dengan tidak mengkonsumsi nasi bisa mengurangi berat bedan. Berat badan tentu saja akan berkurang apabila asupan makanan yang kita masukkan dalam tubuh lebih sedikit dibandingkan biasanya.

cara sukses diet

Cara diet sukses – Ist

Akan tetapi menurut Dr.Nanny Djaja, “Kami sarankan Diet Gizi Seimbang bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan badan yang bugar dan sehat”. Diet Gizi Seimbang adalah diet yang tetap mengkonsumi semua yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah yang seimbang serta yang dibutuhkan oleh tubuh saya. Saya pribadi juga melakukan diet gizi seimbang dalam beberapa bulan terakhir. Hasil yang saya dapatkan cukup memuaskan dan diet menjadi sangat menyenangkan bagi saya. Berikut adalah 5 cara mudah saat menjalankan diet:

1. Mengurangi Karbohidrat

Nasi putih merupakan makanan utama bagi masyarakat Indonesia dan menjadi keharusan untuk dikonsumsi setiap harinya. Bahkan saat tidak makan nasi putih satu hari saja, pasti merasa ada yang kurang dan ada yang janggal karena sudah terbiasa makan nasi putih. Pada saat diet gizi seimbang, nasi putih yang merupakan karbohidrat adalah keharusan untuk dikonsumsi. Untuk yang tidak makan nasi putih sama sekali, memang berat badan akan menurun akan tetapi tidak baik untuk kesehatan di kedepannya karna fungsi ginjal dan fungsi hati akan semakin berat dan akan menimbulkan penyakit. Nasi putih disarankan diganti dengan nasi merah maupun kentang dan porsinya pun juga harus dikurangi. Normalnya, Anda mengkonsumsi nasi putih sebanyak 12 sendok makan, sedangkan pada saat diet dianjurkan hanya sekitar 4-6 sendok makan saja.

2. Hindari Makanan Gorengan

Pada dasarnya tubuh manusia membutuhkan lemak. Akan tetapi bukan lemak dari makanan yang diolah dengan cara digoreng, melainkan lemak baik dari buah alpukat. Dalam 1 gram makanan gorengan, terkandung 9 kalori. Sedangkan dalam 1 gram karbohidrat dan protein masing-masing mengandung 4 kalori. Maka dari itu pada saat mengkonsumsi lemak, sama saja mengkonsumsi karbohidrat dan protein.

3. Hindari Makanan Asin Dan Manis

Garam harus dihindari karena kebanyakan orang Indonesia mengkonsumsi garam secara berlebihan. Kebutuhan garam dalam tubuh per harinya hanya sekitar 3 gram. Menurut hasil penelitian, orang Indonesia mengkonsumsi garam 8-10 gram per harinya. Disarankan tidak menambahkan garam lagi pada makanan, karena makanan itu sendiri biasanya sudah dibumbui oleh garam. Garam dapat mengikat air dalam tubuh. Selain itu, pengonsumsian gula pun harus dibatasi, maksimal 1 sendok makan per harinya.

Yogurt / Ist.4. Konsumsi Yoghurt

Dengan tidak memakan makanan gorengan, maka pengolahan makanan akan lebih banyak dengan panggang maupun bakar. Maka dari itu, konsumsi yoghurt adalah sebuah keharusan karena makanan yang dikonsumsi mengandung banyak serat. Dengan begitu, yoghurt akan membantu untuk melancarkan perncernaan.

5. Olahraga Rutin Dan Tidur Yang Cukup

Olahraga memang melelahkan namun menyenangkan bagi sebagian orang. Pada saat mengkonsumsi makanan, maka kalori dari makanan tersebut masuk ke dalam tubuh. Dengan berolahraga, maka kalori yang masuk dalam tubuh dapat dibakar sehingga massa lemak di dalam tubuh akan berkurang. Tidur yang cukup juga mempengaruhi diet, maka dari itu tubuh memerlukan 7-8 jam per harinya untuk beristirahat.

Comment di sini