5 Minyak Esensial dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

by
May 28th, 2014 at 3:21 pm

CiriCara.com – Minyak esensial adalah minyak alami yang diekstrak dari tanaman, bunga, akar, kayu, kulit pohon, atau biji. Karena kandungan antioksidan yang tinggi dan manfaatnya yang menyembuhkan, minyak esensial sudah lama digunakan untuk berbagai macam penggunaan seperti sabun, parfum, aromatherapi, produk perawatan kulit, dan pengobatan medis.

Banyak penelitian menemukan bahwa minyak esensial dapat menjaga kesehatan dan meredakan gejala berbagai macam penyakit. Minyak esensial dapat digunakan untuk menurunkan tingkat stres, meredakan nyeri, meningkatkan mood, menyembuhkan arthritis, radang tenggorokan, pencernaan, lelah, stres, dan banyak yang lainnya. Tidak hanya itu, minyak esensial juga bisa membunuh bakteri penyebab flu, E. coli, dan sel kanker.

Minyak esensial memang memberi manfaat kesehatan pada tubuh. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah kadar aroma yang Anda hirup. Dikutip dari Women’s HealthBrent Bauer, M.D., direktur Complementary and Integrative Medicine program di Mayo Clinic, menjelaskan bahwa minyak esensial melepaskan senyawa organik volatil atau volatile organic compound (VOC) yang bersifat mudah menguap. Menghirup pada kadar yang cukup bisa menyehatkan jantung, namun jika terlalu lama menghirup bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Maka, kadar yang cukup untuk dihirup adalah dalam waktu 15-60 menit dan jangan sampai menghirupnya lebih dari satu jam dalam sekali waktu. Sebaiknya baca dengan teliti petunjuk pada botol kemasan minyak esensial dan konsultasikan pada dokter sebelum menggunakan aromatherapi jika Anda sedang menderita penyakit kronis.

Apa saja minyak esensial yang dapat Anda gunakan sebagai pengobatan? Berikut daftar minyak esensial paling populer yang bermanfaat bagi kesehatan.

Comment di sini