Cara Membuat Kue Cubit

by
May 28th, 2014 at 4:53 pm

CiriCara.com – Pernah dengar kuliner bernama kue cubit? Ya, camilan yang satu ini memang mirip dengan kue pancong, namun bentuknya bundar dan lebih kecil. Untuk bagian atas kue cubit biasanya akan ditaburi dengan cokelat atau meises cokelat.

kue cubit

Kue Cubit – Dapurtarakan.blogspot.com

Tidak ada yang tahu kenapa kue ini dinamakan kue cubit. Namun, menurut sebagian orang, dinamakan kue cubit karena cara makannya dilakukan dengan cara dicubit-cubit atau sedikit demi sedikit. Lalu bagaimana dengan rasanya?

Kue yang sering dihidangkan dalam acara-acara pernikahan ini mempunyai rasa yang manis. Tekstur dari kue cubit ini juga empuk dan sangat lembut saat dimakan. Bentuknya kecil-kecil dan imut, sangat cocok dijadikan untuk camilan bersama keluarga.

Mau tahu cara membuatnya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Resep Kue Cubit

kue cubit

Cetakan kue cubit – Ist

Bahan:
- 2 butir telur
- 100 gr gula pasir
- 120 gr tepung terigu
- 2 sdm tepung kanji
- ⅛ sdt soda kue
- 4 sdm air
- 50 gr margarin, lelehkan
- 25 gr meises, sebagai bahan taburan

Cara membuat:

  1. Campur telur dan gula dalam satu wadah, kocok hingga tercampur rata dan kental.
  2. Tambahkan terigu, tepung kanji, dan soda kue sambil kocok rata dengan kecepatan rendah. Agar tidak ada yang menggumpal, tepung sebaiknya diayak dulu saat akan dicampurkan.
  3. Tambahkan air dan margarin, aduk rata.
  4. Panaskan cetakan kue cubit, olesi cetakan dengan margarin secara merata, agar tidak lengket. Tuang adonan, tutup cetakan. Biarkan dengan api sedang. Setelah setengah matang, tabur meises di atasnya, sambil terus dipanaskan. Kecilkan api, tutup kembali sampai kue matang. Angkat.
  5. Taruh kue di piring saji. Susun dengan rapi dan kue cubit siap untuk dinikmati!

Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini