Cara Mudah Memakaikan Popok Pada Bayi

by
May 28th, 2014 at 11:34 am

CiriCara.com – Memakaikan popok pada bayi bukan lah hal yang mudah, apalagi bagi Anda yang masih baru menjadi orangtua. Kebanyakan orang memilih untuk meminta bantuan kepada ibu mertua atau ada juga yang menyewa perawat untuk mengurusi anak.

memakaikan popok bayi

Cara memakaikan popok bayi – Ist

Kebiasaan bayi yang suka bergerak-gerak juga menjadi salah satu kendala dalam memakaikan popok. Karenanya, banyak orangtua yang mengaku kualahan saat akan memakaikan popok pada bayinya.

Popok bayi merupakan salah satu pakaian wajib yang harus dikenakan oleh bayi. Anda pun harus memakaikannya dengan benar. Karena jika salah dalam memakaikan popok, hal ini bisa membuat bayi merasa tidak nyaman dan bahkan bisa memicu masalah kesehatan.

Ingin belajar cara memakaikan popok? Berikut cara yang bisa Anda ikuti:

  • Bentangkan popok di kasur. Pastikan semua kain popok sudah terbentang dengan sempurna tanpa ada yang terlipat.
  • Letakkan bayi di atas bentangan popok tadi. Posisi tali ada di sebelah atas atau sejajar dengan pinggang bayi.
  • Lipat popok dari bawah ke atas sehingga kelamin bayi tertutup. Ada juga yang sampai pusar.
  • Tarik kedua tali popok ke tengah. Ikat hingga dirasa kencang namun tidak menyakiti si bayi. Ikat tali dengan cara simpul pita agar tali mudah dilepas jika popok sudah kotor.
  • Dengan demikian, proses pemakaian popok untuk si kecil sudah selesai.

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya. Berikut penjelasannya:

1. Bahan popok

Anda lebih baik memilih popok kain karena lebih mudah dalam memasangkan maupun melepaskannya. Selain itu, harga popok kain ini juga lebih murah dibanding popok lainnya. Pilih popok yang terbuat dari bahan katun, menyerap keringat/air, lembut, dan tidak panas.

popok bayi dari kain

Contoh popok kain – Ist

2. Popok bergambar

Hindari membeli popok kain yang bergambar aneka warna dan motif. Jika sudah terlanjur membeli, pastikan sablon atau bahan pewarna dari gambar atau motif yang ada di popok tersebut aman untuk bayi. Karena dikhawatirkan bisa membuat kulit bayi alergi.

3. Cara membersihkan

Segera bersihkan popok yang kotor karena BAB dengan cara menguceknya sebentar kemudian langsung direndam dalam air detergen. Hal ini mencegah popok berwarna kuning (muncul noda) karena bekas tinja yang sulit hilang jika sudah mengering.

Jika popok bayi sudah kotor, baik itu karena BAB atau ngompol, Anda harus segera menggantinya dengan popok yang masih bersih. Hal ini mencegah kulit bayi jadi lembab dan bau karena kotoran tersebut. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini