Ciri-ciri Lingkungan Kerja yang Sehat

by
May 28th, 2014 at 3:56 pm

CiriCara.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan kerja itu sedikit banyak berpengaruh pada kualitas kerja si pegawai. Semakin bersih dan semakin baik lingkungan kerjanya, maka si pegawai pun akan merasa nyaman dan pada akhirnya performa kerjanya pun meningkat.

kerja yang bagus

Lingkungan kerja yang sehat – Ist

Kebersihan dan penataan ruangan pun menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Jangan sampai para pegawai Anda kerjanya cuma tidur terus karena bekerja di ruangan yang gelap tanpa ada sinar matahari. Jadi, perhatikan lagi penataan ruang kerja di kantor Anda.

Selain ruangan, sikap antar pekerja juga bisa berpengaruh pada lingkungan kerja. Tutur bahasa dan juga perilaku masing-masing pekerja menjadi salah satu faktor lingkungan kerja itu terasa nyaman atau tidak.

Mau tahu lingkungan kerja Anda termasuk baik atau tidak? Berikut ciri-ciri lingkungan kerja yang sehat yang perlu Anda ketahui:

1. Kebersihan terjaga

Perhatikan apakah meja di ruangan kerja Anda bersih dan tertata dengan baik? Jika iya, itu artinya lingkungan kerja Anda termasuk lingkungan yang sehat. Bekerja di tempat yang kotor dan berantakan justru akan meningkatkan kadar stress dalam pikiran Anda, jadi segera bersihkan dan rapikan meja kerja Anda.

2. Terasa nyaman

Lingkungan kerja yang sehat adalah yang membuat pekerjanya merasa nyaman. Karena rasa nyaman itu akan membuat performa kerja Anda jadi meningkat. Perhatikan mulai dari kursi, meja, dan juga perangkat yang digunakan, apakah semua itu terasa nyaman menurut Anda? Jika tidak, Anda bisa segera menggantinya agar lebih cocok dengan Anda.

3. Suasana menyenangkan

Lingkungan kerja yang sehat adalah yang mampu menciptakan suasana gembira dan cerdas. Jika Anda bekerja dalam suasana yang baik, maka hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan ide-ide baru yang segar. Bekerja di tempat yang suasananya tegang hanya akan membuat Anda merasa tertekan.

berantem di tempat kerja

Bertengkar – Ist

4. Tidak ada musuh

Rekan kerja merupakan salah satu hal juga penting demi menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Jika Anda bisa bekerjasama dan bahkan berteman baik dengan rekan kerja, maka Anda pun akan merasa lebih senang saat bekerja. Karenanya sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja.

5. Manajemen yang baik

Dengan manajemen yang baik, konflik antar pekerja tidak akan terjadi. Tidak akan ada lagi kecemburuan di antara para pekerja, semuanya saling terbuka dan bisa bekerjasama dengan baik. Dengan manajemen yang baik maka akan terciptalah lingkungan kerja yang sehat.

Itulah beberapa ciri dari lingkungan kerja yang sehat. Bagaimana, apakah lingkungan kerja Anda juga termasuk lingkungan yang sehat?

(YG)

Comment di sini