Tak Butuh Mahal untuk Wajah Bebas dari Jerawat

by
May 28th, 2014 at 9:37 am

CiriCara.com – Wajah yang bebas dari jerawat merupakan impian setiap orang, karena wajah adalah salah satu bagian penting yang pertama kali dilihat. Namun munculnya jerawat di wajah dapat membuat seseorang menjadi minder karena penampilannya tidak bisa maksimal. Siapa bilang memiliki wajah bebas dari jerawat harus dengan biaya yang mahal?

Timbul Jerawat - Ist

Timbul Jerawat – Ist

Buktinya banyak bahan alami yang berguna untuk menghilangkan jerawat. Terlebih lagi, bahan-bahan tersebut ada di sekitar kita dan dapat diperoleh dengan mudah serta murah. Mau tahu tumbuhan apa saja yang bisa dipakai agar wajah bebas dari jerawat? Berikut beberapa tumbuhan yang dapat dimanfaatkan agar wajah bersih dari jerawat:

1. Masker jeruk nipis dan mentimun

Bahan: 1 buah jeruk nipis dan 1 buah timun atau bengkuang.
Cara membuat: Peras jeruk nipis, lalu ambil airnya sebanyak 2 sendok teh. Parut timun atau bengkuang dan ambil sarinya. Setelah itu campur air jeruk nipis dan sari timun atau bengkuang, aduk keduanya hingga rata.

Cara pakai: Oleskan campuran kedua bahan di atas pada wajah. Tunggu hingga setengah jam. Kemudian bilas wajah dengan air hangat. Gunakan secara teratur 2 hari sekali.

2. Obat oles dari belimbing dan garam

Bahan: 5 buah belimbing wuluh dan air garam secukupnya.
Cara membuat: Tumbuk halus belimbing wuluh, lalu campur dengan air garam, dan aduk rata.
Cara pakai: Oleskan campuran tersebut pada jerawat, pada pagi hari dan malam sebelum tidur.

3. Ramuan air daun siri

Bahan: 5 lembar daun sirih dan 2 gelas air (400 cc).
Cara membuat: Cuci daun sirih sampai bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air dalam panci tertutup. Setelah mendidih, angkat dan diamkan air rebusan sirih hingga hangat.

Cara pakai: Gunakan air rebusan sirih untuk cuci muka secara rutin pagi dan malam.

4. Ramuan mengkudu dan gula

Bahan: 2 buah mengkudu matang dan 2 ruas jari gula batu.
Cara membuat: Cuci bersih buah mengkudu, potong-potong, kemudian blender dengan 1 gelas air (200cc). Saring buah mengkudu yang telah diblender, masukkan gula batu. Rebus jus mengkudu hingga mendidih, lalu aduk hingga rata.

Cara pakai: Minum jus mengkudu saat masih hangat satu jam sebelum sarapan setiap hari.

5. Masker buah mahkota dewa

Bahan: 4 biji buah mahkota dewa yang masih hijau.
Cara membuat: Buah mahkota dewa dicuci hingga bersih, kemudian diparut.
Cara pakai: Oleskan hasil parutan buah mahkota dewa pada wajah yang berjerawat sebagai masker.

Masker alami untuk mencegah kulit keriput

Masker alami untuk kulit jerawat/ Ist.

6. Masker dari rempah-rempah

Bahan: Setengah siung bawang putih, 1 buah kunyit sebesar ibu jari, sebutir kentang berukuran sedang, 1 buah daun lidah buaya, dan 1 buah timun.
Cara membuat: Parut semua bahan dan dicampur hingga merata.

Cara pakai : Oleskan campuran tadi ke seluruh kulit wajah sebagai masker dan diamkan selama setengah jam. Setelah itu bilas dengan air hangat dan disusul dengan air dingin.

Semoga 6 tips di atas dapat membantu anda agar jerawat kapok dan tidak balik lagi. Jangan sampai terlambat dalam menangani jerawat secara tepat, agar tidak menyesal di kemudian hari. Selamat datang wajah bebas jerawat!

Comment di sini