Cara Aman Menggunakan Taksi

by
May 30th, 2014 at 1:19 pm

CiriCara.com – Taksi, salah satu transportasi umum di Jakarta yang sudah tak asing lagi di telinga Anda. Transportasi umum yang dapat dikategorikan eksklusif ini banyak digunakan dengan alasan kenyamanannya, karena Anda tak perlu berdesak-desakkan seperti transportasi umum lainnya. Keselamatan juga menjadi salah satu kunci utama para pengguna taksi meski harus merogoh kocek lebih dalam karena tarif yang digunakan lebih tinggi dari penggunaan bus dan tergantung jarak yang ditempuh.

taksi

Naik taksi – Ist

Namun akhir-akhir ini reputasi penggunaan taksi yang dianggap aman sudah mulai diragukan. Karena semakin marak kejahatan yang terjadi di dalam taksi dengan berbagai modus, seperti adanya penumpang gelap (penjahat) yang ikut di bagasi, di kolong kursi, ataupun supir taksi itu sendiri yang melakukan kejahatan seperti mempermainkan argo (biaya yang harus dibayar), sehingga kita sebagai penumpang harus lebih berhati-hati dalam menggunakan transportasi umum ini.

Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk mengindari kejahatan yang dilakukan oleh oknum-oknum jahat. Seperti yang akan dijabarkan di bawah ini.

1. Gunakan yang terpercaya

Memang tak ada salahnya menggunakan taksi dengan nama yang kurang dikenal, namun jika Anda naik taksi sendirian usahakan naiklah taksi yang namanya sudah dipercaya keamanan dan profesionalitasnya, karena para supir taksi sesuai dengan standar dan mengerti cara berinteraksi yang baik dengan penumpang. Jika supir taksi melakukan hal-hal yang tidak sesuai aturan, Anda dapat melaporkan ke perusahaan taksi yang Anda naiki karena biasanya mereka memiliki customer care, sebagai bahan perbaikan mereka menuju yang lebih baik dan tetap dipercaya.

2. Periksa kartu Identitas Pengemudi

Setelah Anda naik ke dalam taksi, selalu pastikan Anda melihat kartu identitas pengemudi, pastikan pengemudi sama dengan yang ada di kartu identitas tersebut. Tak ada salahnya jika Anda bertanya langsung mengenai identitas supir taksi untuk lebih memastikan bahwa Ia memang benar yang ada di kartu. Sebagai penumpang juga harus memperingatkan supir jika Ia mengemudikan taksinya dengan tidak sesuai aturan yang dapat membahayakan keselamatan seperti mengebut ataupun supir mengantuk.

3. Mencatat nomor pintu

Ini juga menjadi hal penting untuk lebih menjaga keamanan dalam menggunakan jasa taksi. Selalu mengingat dan mencatat nomor pintu taksi bahkan jika Anda sendirian beritahu keluarga ataupun teman dekat nomor pintu yang Anda naiki untuk berjaga jaga. Mencatat nomor pintu juga dapat memudahkan penumpang untuk mencari barang yang tertinggal di taksi, dengan melaporkan ke perusahaan taksi terkait dan menyebutkan nomor pintu, petugas dari perusahaan taksi akan lebih mudah mencari dan mengembalikan barang yang tertinggal.

cara aman naik taksi4. Jangan tertidur

Walaupun Anda sangat lelah dan sudah percaya dengan taksi yang Anda naiki, usahan jangan pernah tertidur. Bagaimanapun taksi adalah kendaraan umum yang belum 100 persen dapat dipercaya. Tujuan Anda jangan tertidur juga untuk memastikan rute jalan yang dilalui benar dan gunakan jalan umum untuk menghindari kejahatan. Anda juga berhak menegur pengemudi jika ada yang tidak beres.

5. Siapkan alat perlawanan

Sebaiknya sebagai pengguna jasa transportasi umum lainnya tidak hanya taksi wajib memiliki sesuatu di dalam tas Anda yang dapat digunakan sebagai senjata untuk melawan jika ada kejahatan menimpa Anda. Tak usah besar, sekecil peniti pun dapat dijadikan alat darurat untuk melawan kejahatan yang menimpa Anda. Pastikan juga ponsel Anda dalam keadaan hidup dan memiliki nomor telepon penting seperti nomor keluarga dekat maupun nomor kantor polisi.

Sebagai pengguna taksi dan transportasi umum lainnya harus tetap waspada terhadap keadaan sekitar. Jangan sampai lengah dan memberikan celah kepada para pelaku kejahatan melakukan aksinya. Semoga tips di atas berguna untuk keselamatan Anda berkendara menggunakan kendaraan umum.

Comment di sini