Cara Bangkit dari Kegagalan

by
May 30th, 2014 at 9:54 am

CiriCara.com – Anda pernah gagal? Janganlah berkecil hati. Kegagalan adalah hal yang tidak asing lagi dalam hidup kita. Hampir setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Baik itu dalam pelajaran, cinta, usaha, pekerjaan, dan masih banyak lagi.

bangkit dari gagal

Bangkit dari kegagalan – Ist

Banyak faktor yang membuat gagal dalam melakukan sesuatu. Biasanya faktor-faktor itu ada di dalam diri kita sendiri, seperti kurang percaya diri, melakukan kesalahan yang fatal, dan kurang memberikan usaha yang cukup. Orang yang mengalami kegagalan pada umumnya akan menjadi putus asa, depresi, stress dan minder.

Apakah kegagalan merupakan akhir dari segalanya? Tidak, justru kegagalan merupakan awal dari keberhasilan. Janganlah merasa sebagai satu-satunya orang yang tidak beruntung karena Anda pernah gagal. Jangan menyerah dan jangan berhenti, pasti Anda akan berhasil suatu saat nanti.

Ingin bangkit dan tidak terpuruk dalam kegagalan? Berikut ada cara-cara untuk bangkit dari kegagalan:

1. Past is past

Tanamkan pada diri Anda “Masa lalu biarlah berlalu”. Apapun yang terjadi alangkah baiknya selalu bersyukur. Tidak perlu berhenti dan hanya meratapi nasib saat Anda mengalami kegagalan. Jadikanlah sebuah kegagalan itu menjadi pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga.

2. Move on

Sama seperti hidup yang harus terus berlanjut. Perjalanan hidup Anda masih panjang. Tidak perlu stuck dikegagalan itu. Semua yang terjadi sekalipun itu hal yang buruk pasti ada makna terselubung yang bisa diambil hikmahnya. Belajarlah menemukan sisi baik dalam keburukkan sekalipun.

3. Be optimistic

Walaupun Anda pernah gagal, bukan berarti Anda akan terus gagal selamanya. Semua orang sukses, pada awalnya juga pernah mengalami kegagalan. Jangan bersikap minder dan pedulikan omongan buruk orang lain. Jangan terlalu khawatir, just trust your self and you can do it.

bingung menentukan pekerjaan

Meikirkan uang lembur – Ist

4. Extra effort

Usaha dan kerja keras ekstra sangat dibutuhkan. Bisa saja, salah satu faktor kegagalan Anda sebelumnya adalah kurang usaha yang maksimal. Berilah usaha yang terbaik yang Anda bisa berikan, terlebih jika Anda memiliki kesempatan dan peluang untuk itu. Jangan ulangi kesalahan yang pernah Anda buat. Belajarlah dari kesalahan itu. Terkadang kesempatan itu hanya sekali. Jangan sia siakan itu.

5. Berdoa

Apapun agama yang Anda anut, biasakan sebelum melakukan sesuatu dimulai dengan doa. Dengan doa, pasti Tuhan akan bantu Anda untuk apapun yang Anda kerjakan. Percaya, beriman kepada-Nya dan Tuhan pasti melihat semua usaha Anda. Do your best & God will do the rest. Godspeed!

Itulah tips yang bisa dibagikan bagi Anda yang ingin bangkit dari kegagalan. Yang perlu diingat kegagalan bukan akhir dari segalanya. Bangkit dan lanjutkan kehidupan. Masih banyak kecerahan di hari depan yang bisa diraih.

Comment di sini