Cara Membuat Keripik Tempe

by
May 30th, 2014 at 5:06 pm

CiriCara.com – Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang memang bisa diolah dengan sejumlah cara. Ada yang diolah menjadi tempe mendoan, orek tempe, tempe semur, dan masih banyak lainnya. Bosen dengan menu olahan tempe yang itu-itu saja?

tempe

Keripik Tempe – Ist

Buat Anda yang merasa bosan dengan olahan tempe yang biasa, Anda bisa mencoba keripik tempe. Ya, ternyata tidak hanya kentang saja yang bisa dijadikan keripik, tempe juga bisa. Bahkan, keripik tempe ini sudah ada yang memproduksi masal.

Keripik tempe ini tentunya lebih renyah, lebih gurih, namun tidak keras saat digigit. Sama seperti olahan keripik lainnya, keripik tempe ini juga mempunyai beberapa rasa. Mulai dari asin, balado, dan ada juga yang ekstra pedas. Sangat cocok buat camilan di hari libur.

Penasaran ingin membuat keripik tempe? Berikut ada caranya, seperti dikutip dari sajiansedap.com:

Resep Keripik Tempe Balado

Bahan:

- 150 gr tempe, dukukus, dihaluskan
- 200 gr tepung terigu
- 30 gr maizena
- 3 lembar daun jeruk, diiris-iris
- ½ sdt baking powder
- ½ sdt kaldu ayam bubuk
- 1 sdm margarin
- 5 sdm air es
- 1 sdm garam
- 1 sdt merica bubuk
- Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu yang dihaluskan:

- 2 siung bawang putih
- 2 sdt ketumbar
- 3 cm kencur

Bahan taburan:

- 2 sdm bumbu balado bubuk

Cara membuat:

1. Campur tempe, terigu, maizena, daun jeruk, baking powder, kaldu bubuk, margarin, garam, merica bubuk, dan bumbu halus, aduk sampai tercampur rata. Tambahkan air es, aduk kembali sampai bergumpal. Diamkan 15 menit dalam lemari es.

2. Giling adonan tadi bisa dengan alat giling atau manual, pakai kayu atau botol yang permukaannya rata. Giling sampai setipis mungkin, namun tidak mudah hancur. Setelah itu, potong dengan cetakan bulat diameter 4 cm.

3. Panaskan minyak goreng. Masukkan adonan yang sudah dicetak tadi dan goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.

4. Masukkan keripik tempe yang sudah matang ke dalam kantung platik transparan (bening). Tuangkan bahan taburan ke dalamnya. Gelembungkan plastik, lalu goyang-goyangkan sebentar agar bahan taburan baladonya bisa menempel rata pada keripik.

5. Keripik tempe balado siap untuk dinikmati. Agar lebih awet, simpan di tempat yang rapat.

Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini