Ciri-ciri Bayi Mau Tumbuh Gigi

by
May 30th, 2014 at 4:05 pm

CiriCara.com – Bayi umumnya tumbuh gigi pertamanya pada usia antara 4-7 bulan. Pada saat tumbuh gigi inilah para ibu dituntut untuk bisa memahami apa yang dibutuhkan bayi. Entah itu mulai dari makanan sampai nutrisi apa saja agar pertumbuhan gigi anak bisa sempurna.

bayi tumbuh gigi

Gigi bayi – Ist

Pada proses tumbuh gigi ini, para ibu diminta untuk memperhatikan bayinya dengan baik. Jangan sampai mulut atau gusi bayi terbentur benda keras karena hal ini bisa membuat proses pertumbuhan giginya jadi terganggu.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan makanan si bayi. Karena dengan makanan ini lah Anda bisa menstimulasi pertumbuhan gigi bayi agar lebih kuat. Jadi, pilih lah makanan-makanan yang memang baik untuk bayi Anda.

Agar Anda bisa melakukan antisipasi, berikut ada beberapa ciri bayi yang mau tumbuh gigi:

1. Banyak mengeluarkan air liur (ngeces)

Kebanyakan orang percaya bahwa bayi banyak mengeluarkan air liur itu karena pada saat hamil ada keinginan ibu yang tidak terpenuhi. Tidak ada yang tahu kebenaran dari kepercayaan itu. Namun yang jelas, banyak mengeluarkan air liur itu juga bisa menjadi ciri kalau akan tumbuh gigi.

2. Suka menggigit

Tumbuh gigi biasanya akan membuat bayi jadi suka menggigit barang apapun yang ada di dekatnya. Bahkan, saat disusui, puting ibu pun bisa digigit si bayi. Tekanan dari gigi yang akan menyembul melalui bawah gusi membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga membuat bayi selalu ingin menggigit.

3. Rewel (menangis dan gampang marah)

Bayi yang mau tumbuh gigi biasanya jadi gampang marah dan lebih rewel dibanding biasanya. Hal ini karena mulut bayi merasakan sakit akibat tumbuh gigi, itu lah sebabnya dia jadi rewel. Beberapa bayi ada yang mengalami hal ini sampai berhari-hari dan ada juga yang hanya berlangsung selama beberapa jam saja.

bayi sehat

Bayi tetap sehat – Ist

4. Demam ringan

Bayi yang mau tumbuh gigi biasanya akan mengalami demam ringan. Namun, jika bayi mengalami demam hingga 3 hari lebih, sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter. Karena demam pada bayi juga bisa disebabkan oleh faktor lain, tidak hanya tumbuh gigi.

5. Gangguan di area mulut

Dalam beberapa kasus, bayi yang mau tumbuh gigi biasanya mengalami gangguan di area mulut yang berbeda-beda. Mulai dari pendarahan di bawah gusi sampai mengalami nyeri gusi yang pada akhirnya membuat bayi merasa kesakitan.

Beberapa perubahan di area wajah pun sering terjadi pada bayi yang mau tumbuh gigi, seperti ruam di wajah/dagu dan juga bengkak. Namun, untuk memastikan apa penyebab dari perubahan tersebut ada baiknya Anda periksakan bayi ke dokter.

Itulah ciri-ciri bayi yang mau tumbuh gigi. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda, khususnya buat yang masih baru jadi ibu.

(YG)

Comment di sini