Program Diet Untuk Anda yang Sibuk

by
May 30th, 2014 at 9:31 am

CiriCara.com – Banyak yang mengatakan jika gemuk adalah pertanda bahwa Anda bahagia. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Occupational and Environmental Medicine, justru kegemukan merupakan pertanda bahwa Anda sedang mengalami stres.

Kurangi berat badan / Ist

Kurangi berat badan / Ist

Disadari atau tidak, Anda akan memiliki kebiasaan menikmati snack sebagai pelepas stress setelah seharian bekerja. Lebih parah lagi, Anda tidak terlalu peduli apakah makanan yang Anda konsumsi sehat atau tidak. Selain mengatasi tingkat stress, Anda juga harus memperhatikan pola makan. Lakukan diet yang benar sehingga program tersebut tidak mempengaruhi kinerja Anda di kantor.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin melakukan diet dengan ritme kesibukan yang sangat padat. Simak penjelasannya berikut ini:

Hindari makanan yang digoreng

Pertama, Anda harus menghindari beberapa jenis makanan terutama makanan yang digoreng. Anda wajib menghindari lauk atau makanan ringan yang digoreng karena kandungan lemak dan kalorinya sangat tinggi. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi akan memperbesar risiko penyakit jantung ataupun penyakit yang berhubungan dengan kolesterol tinggi. Jika Anda ingin melakukan variasi ada baiknya menkonsumsi lauk atau makanan ringan yang dibakar.

Makan sayur dan buah

Kedua, karena ritme kerja yang padat, Anda harus memikirkan makanan yang tidak saja sehat namun juga cepat penyajiannya. Alih-alih membeli gorengan, akan lebih baik jika Anda membawa makanan sendiri dari rumah. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, persiapkan salad buah dan sayur yang segar dan lezat. Kandungan serat dalam sayuran dan buah akan membuat perut Anda kenyang lebih lama. Selain itu, sayuran dan buah juga berguna untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh Anda serta melancarkan buang air besar.

tips kesehatan, tips langsing, cara mnenurunkan berat badan, rahasia mendapatkan tubuh langsing

Tubuh langsing – Ist

Ada sebagian dari Anda yang tidak terlalu menyukai rasa sayur mentah yang ada dalam salad. Untuk mensiasati hal tersebut Anda bisa mengkonsumsi sayur yang ditumis atau sayur yang dicampur dalam sup. Hindari olahan sayuran yang berkuah santan karena santan mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Usahakan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sebelum mengkonsumsi makanan utama. Karena sayuran dan buah akan membuat perut Anda lebih kenyang setidaknya Anda hanya perlu mengkonsumsi menu utama dengan jumlah yang sedikit. Dengan trik seperti ini, jumlah kalori juga akan bisa Anda batasi.

Untuk mengetahui tingkat kebutuhan kalori, Anda bisa menghubungi dokter atau ahli gizi untuk berkonsultasi. Umumnya, ahli gizi akan memberikan menu yang sesuai untuk rencana diet berdasarkan kondisi terkini kesehatan Anda.  Mereka juga akan mengukur tingkat obesitas Anda. Pengukuran tersebut dilakukan dengan Body Mass Index atau BMI. BMI ditentukan dengan cara membagi antara massa tubuh dengan kuadrat tinggi badan. Jika nilainya lebih dari 30 maka Anda dikategorikan sebagai penderita obesitas dan harus menjalani diet ketat.

Intinya, hindari stress sesibuk apapun hari-hari Anda. Lakukan diet yang baik dan benar agar Anda memperoleh manfaatnya secara maksimal. Ingat! Kegemukan juga bisa disebabkan oleh stress.

 

Comment di sini