Naik Commuterline? Siapa Takut!

by
June 1st, 2014 at 6:57 pm

CiriCara.com – Kemacetan di ibukota bukan lagi hal yang mengherankan. Terlebih semakin banyak masyarakat yang lebih memilih membawa kendaraan pribadi ketempat kerja atau kuliah. Sebagian dari mereka berfikir bila kendaraan umum memang tidak memberikan rasa aman dan nyaman. Namun, membawa kendaraan pribadi justru malah akan memperburuk keadaan lalu lintas. Sembari pemerintah semakin meningkatkan kualitas dan kinerja para pengemudi angkutan umum, ada baiknya kita pun juga mulai membuat perubahan sederhana dengan mengurangi membawa kendaraan pribadi dan belajar naik kendaraan umum. Jadi, jangan hanya bisanya mengeluhkan kondisi kemacetan tanpa memberi solusi dan perubahan, tetapi juga pikirkan bagaimana cara sedini mungkin dan menjadi pelopor yang ikut mengambil bagian dalam upaya perbaikan.

Salah satu kendaraan umum yang patut dicoba adalah commuterline oleh PT. KAI. Walaupun masih memiliki beberapa kekurangan, namun sudah terasa sekali bahwa PT. KAI melakukan usaha perbaikan dari masa ke masa dan bisa terbilang cukup signifikan. Perubahan sistem pelayanan seperti pergantian tiket perjalanan dari kertas hingga kartu isi ulang, penambahan petugas keamanan yang tegas, terlatih, dan tanggap, pergantian kereta eksekutif dan ekonomi menjadi ekonomi AC, penyediaan wilayah khusus untuk para perokok, gerbong depan dan belakang khusus wanita, serta penambahan gerbong di tiap kereta.

Memang belum sempurna, masih banyak pengguna yang mengeluhkan keterlambatan kedatangan kereta, padamnya listrik yang terkadang menghambat perjalanan, dan penuh berdesakkan yang bertambah sejak penurunan harga tiket menjadi Rp2.000,00 untuk setiap lima stasiun kereta.

Berikut adalah tips-tips sebelum berpergian menggunakan commuterline:

  1. Cari tahu stasiun mana yang terdekat dan mudah dijangkau sebagai tujuan. Perlukah disambung dengan kendaraan umum lain.
  2. Cek jadwal! Hal ini sangat penting dan biasakan untuk tidak berangkat dalam jangka waktu yang pas-pasan. Pergilah lebih awal untuk menghindari keterlambatan dan memulai kebiasaan sampai sebelum waktunya daripada sampai tepat pada waktunya. Situs resmi KAI iniakan sangat membantu anda dalam menentukan jadwal keberangkatan kereta.
  3. Follow @commuterline di Twitter untuk mendapatkan informasi terbaru mungkin untuk keterlambatan atau pembatalan keberangkatan.
  4. Bagi anda pengguna Android, unduh aplikasi Android resmi KAI di sini. Walaupun memiliki fasilitas yang kreatif dan inovatif, sayangnya aplikasi ini masih sepi update dan informasi.
  5. Selalu persiapakan segala alternatif kendaraan umum lain dan perluas wawasan lokasi berpergian anda.

Setelah mengantongi informasi mengenai tips-tips diatas, selanjutnya akan diberikan pula tips-tips pada saat ingin berpergian menggunakan commuterline. Tentu saja tips-tips ini akan berguna terutama bagi anda yang baru pertama kali akan mencobanya:

  1. Siapkan perbekalan anda. Bawalah minuman dan makanan ringan yang bisa dinikmati selagi menunggu atau sedang berada dalam perjalanan. Hal ini dikarenakan sekitar warung yang berada disekitar stasiun kereta api sudah dibersihkan oleh pihak terkait. Tetapi tetap ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan lingkungan.
  2. Pembelian tiket. Tiket bukan lagi berbentuk lembar kertas tetapi memakai kartu. Kartu yang dapat digunakan ada tiga macam. Yang pertama adalah Tiket Harian Berjaminan. Tiket ini hanya dapat dipergunakan selama tujuh hari terhitung sejak waktu pemakaian kali pertama. Pemakaian Tiket Harian Berjaminan ini dikenakan kelebihan pada saat membeli tiket sebesar Rp5.000,00 sebagai jaminan kartu yang apabila kartunya hilang, Rp5.000,00 anda akan hangus, dan jika tidak hilang serta dikembalikan tepat sebelum waktunya maka anda akan mendapat Rp5.000,00 pada saat penukaran tiket di loket. Sayangnya, Kartu Harian Berjaminan ini kurang praktis karena proses mengantri yang relatif panjang ketika pembelian dan pengembalian. Jenis yang kedua adalah Kartu Multitrip yang dapat dibeli di loket dengan harga Rp50.000,00 berisi saldo Rp30.000,00 dengan kelebihannya yang praktis tanpa perlu mengantri setiap perjalanan dan bisa diisi ulang. Kartu Multitrip yang sudah dibeli akan menjadi milik individu si pembeli. Dan jenis yang terakhir adalah Flazz produk dari Bank BCA yang bisa juga dipakai untuk beli tiket busway
  3. Ketika sudah mempunyai tiket, langkah selanjutnya adalah melakukan penge-tap-an kartu pada mesin. Hati-hati karena tap hanya bisa dilakukan dua kali pada waktu masuk stasiun tempat berangkat dan keluar stasiun yang dituju.
  4. Dengarkan instruksi dari speaker dan jangan malu bertanya apabila ragu. Akan ada banyak petugas keamanan yang siap melayani dan menjawab pertanyaan anda dengan senang hati.

Selamat melakukan perjalanan dengan commuterline dan hati-hati terhadap barang bawaan anda. Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan solusi kendaraan umum sehari-hari yang bisa anda gunakan untuk berpergian dan meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi.

Comment di sini