Cara Mencegah Kanker Usus

by
June 2nd, 2014 at 1:16 pm

CiriCara.com – Saat ini banyak sekali jenis penyakit kanker yang diderita manusia, salah satunya adalah kanker usus. Penyakit kanker usus ini merupakan jenis kanker kedua yang bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Tidak mau terkena kanker usus?

kanker usus

Ilustrasi kanker usus – Ist

Mungkin saat ini ada seseorang yang harus berjuang di rumah sakit untuk sembuh dari penyakit kanker usus. Karenanya, bagi Anda yang masih sehat tidak ada salahnya jika waspada sejak sekarang dan mulai lah melakukan upaya pencegahan.

Anda tidak perlu khawatir, karena menurut asisten profesor dari University of Carolina, Los Angeles, kanker usus itu bisa dicegah. Anda juga bisa menurutnkan risiko terkena kanker usus dengan menjalankan pola hidup yang sehat.

Berikut cara mudah mencegah kanker usus:

1. Pola makan sehat

Kanker usus biasanya berkaitan dengan diet dan pola makan yang tidak sehat. Untuk mencegahnya, Anda harus menkonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan. Penuhi kebutuhan hingga 25-40 gram serat buah dan hindari makanan yang kaya lemak.

2. Jaga berat badan

Dari hasil penelitian disebutkan bahwa obesitas ternyata bisa meningkatkan risiko kanker usus. Untuk mencegahnya Anda harus menjaga dan mengawasi berat badan Anda. Jangan sampai berat badan Anda naik jadi obesitas, ini jelas tidak sehat buat Anda.

3. Hindari rokok dan alkohol

Alkohol dan rokok bisa memicu kanker usus dan penyakit lain yang berhubungan dengan pencernaan. Karenanya, Anda harus menghindari rokok dan alkohol. Jangan dekat-dekat dengan orang yang sedang merokok karena hal itu bisa berakibat buruk.

olahraga cowok

Olahraga – Ist

4. Olahraga rutin

Untuk menurunkan risiko kanker usus, Anda harus berolahraga dengan rutin. Olahraga minimal tiga sampai empat hari setiap minggu. Cukup dengan olahraga ringan selama 20 menit dalam sehari, Anda sudah mengurangi risiko kanker usus.

5. Pemeriksaan dini

Bagi Anda yang memiliki tingkat risiko kanker usus normal, sebaiknya mulai periksakan kesehatan usus Anda sejak usia 50 tahun. Namun, bagi Anda yang keturunan penderita kanker usus, sebaiknya Anda periksakan diri sebelum usia 50 tahun. Pemeriksaan ini bermanfaat untuk mencegah kanker usus agar tidak semakin parah.

Semoga dengan cara-cara di atas Anda sekeluarga bisa terhindar dari penyakit kanker usus. Terus jalankan pola hidup sehat agar Anda bisa tetap sehat sampai tua nanti. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini