Ciri-ciri Orang yang Perfeksionis dalam Karir

by
June 2nd, 2014 at 2:58 pm

CiriCara.com – Orang perfeksionis adalah orang yang selalu mengharapkan segala sesuatunya berjalan dengan sempurna tanpa ada kesalahan sedikit pun. Entah itu pekerjaan dirinya maupun pekerjaan orang lain, semua harus sempurna. Apakah Anda termasuk orang perfeksionis?

orang yang perfeksionis

Perfeksionis – Ist

Orang yang memiliki sifat perfeksionis biasanya sering tidak sadar akan kebiasaannya itu. Tak heran, banyak orang perfeksionis yang sering lupa diri dalam bekerja. Dia akan berusaha keras agar hasil kerjanya itu bisa selesai dengan sempurna.

Menjadi seorang yang perfeksionis memang tidak salah, namun Anda juga tetap harus menjalani hidup dengan seimbang. Ingat! Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, jadi wajar saja jika sesekali Anda harus gagal atau pun salah.

Masih bingung apakah Anda termasuk orang perfeksionis atau bukan? Berikut ada ciri-cirinya:

1. Terobsesi pada satu pekerjaan

Orang yang perfeksionis biasanya akan terfokus pada pekerjaan impian saja. Dia akan tetap berusaha dan percaya bahwa dirinya bisa bekerja di perusahaan impiannya. Orang perfeksionis juga tak segan untuk menolak kesempatan bekerja, selama itu bukan karir impiannya.

2. Suka mengatur

Orang yang perfeksionis selalu berharap agar pekerjaannya bisa mendapatkan hasil yang sempurna. Dia jadi suka mengatur rekan kerjanya untuk mengerjakan ini, mengerjakan itu, padahal jabatannya sama-sama sebagai karyawan. Ini jelas kalau dia orang perfeksionis.

3. Tidak terima salah/gagal

Orang perfeksionis cenderung tidak suka dengan kesalahan ataupun kegagalan sekecil apa pun. Apakah Anda langsung marah saat anak buah Anda melakukan kesalahan kecil? Itu tandanya kalau Anda perfeksionis. Atasan yang baik adalah atasan yang bisa membimbing anak buahnya, bukan malah memarahinya.

karir mentok

Cara agar karir tidak mentok – Ist

4. Semuanya penting

Orang perfeksionis bisa menjadi pekerja gigih dan giat. Namun karena menganggap semua pekerjaannya itu penting, dia sering kali lupa dengan kehidupannya sendiri. Dia rela untuk bekerja lembur setiap hari asalkan pekerjaannya bisa dikerjakan dengan sempurna.

5. Harus jadi nomor satu

Apakah Anda merasa tidak terima saat rekan kerja Anda jadi nomor satu di kantor? Jika iya, itu tanda kalau Anda orang yang perfeksionis. Ingin selalu menjadi nomor satu merupakan sifat yang tidak bisa dipisahkan dari si perfeksionis. Padahal, roda di dunia ini selalu berputar.

Bagaimana, apakah ciri-ciri di atas ada pada diri Anda? (YG)

Comment di sini