Kemenkeu Butuh 10 Ribu PNS Baru, Mau Daftar?

by
June 2nd, 2014 at 9:23 am

Jakarta (CiriCara.com) – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kabarnya akan segera membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) karena butuh pegawai baru. Untuk tahun ini, Kemenkeu membutuhkan 10.000 PNS baru. Anda tertarik untuk mendaftar?

CPNS 2013

Pengumuman CPNS – Ist

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Kiagus Badaruddin mengatakan bahwa PNS baru itu paling banyak akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Nanti sisanya akan ditempatkan untuk direktorat yang lainnya.

“Total yang kita butuhkan adalah 10.000 pegawai baru,” ujar Badaruddin, seperti dikutip dari detik.com, pada Senin (2/6/2014).

Menurut Badaruddin, jumlah tersebut sudah diukur berdasarkan beban kerja yang ditanggung instansi, kuantitas pegawai yang ada, dan pertimbangan kemampuan anggaran untuk membayar gaji dan tunjangan pegawai. Dari analisa ini didapatlah angka 10.000.

“Memang kebutuhan pegawai kita lebih dari itu, tapi tetap harus disesuaikan,” ujar Badaruddin.

Analisa tersebut juga berguna untuk menentukan jumlah kebutuhan pegawai yang berasal dari dinas, seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Nasional (STAN) dan pegawai dari umum. Untuk umum, itu maksudnya dari sarjana, diploma (I, II, III), dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Khusus jalur umum, lanjut Badaruddin, CPNS yang boleh mendaftar itu bisa dari berbagai jurusan, seperti ekonomi, pembangunan, akuntansi, manajemen, kimia analisis, dan jurusan lainnya. “Jurusan yang diterima akan disesuaikan dengan kebutuhan direktorat,” ujarnya.

upacara pns

PNS – Ist

Badaruddin mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan kebutuhan pegawai baru tersebut ke pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PanRB). Namun, hingga saat ini masih belum diketahui berapa kuota pegawai baru yang disetujui.

“Kita belum menerima surat resmi dari Kemen PanRB,” kata Badaruddin.

Badaruddin mengaku akan menunggu keputusan Kemen PanRB, terkait pengajuan pegawai baru tersebut. Namun, jika ternyata tidak setujui, Badaruddin berencana untuk mengajukan permohonan kembali karena dirasa Kemenkeu sangat membutuhkan pegawai baru.

Bagi Anda yang ingin mendaftar CPNS di Kemenkeu nampaknya harus sedikit bersabar. Pasalnya, Kemenkeu belum bisa membuka pendaftaran CPNS jika memang belum ada persetujuan dari Kemen PanRB.

Jadi, sabar dulu ya! (YG)

Comment di sini