Cara Meningkatkan Percaya Diri

by
June 3rd, 2014 at 3:43 pm

CiriCara.com – Bagi sebagian orang mempunyai rasa percaya diri yang tinggi itu sangat sulit. Meskipun sudah berlatih dan mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal, namun tetap saja saat tampil di depan publik rasa percaya diri Anda kembali menurun. Harus bagaimana?

tingkatkan percaya diri

Percaya diri – Ist

Memang tidak mudah untuk bisa menjadi orang yang punya rasa percaya diri tinggi. Apalagi bagi Anda yang punya sifat pemalu. Sering kali rasa khawatir, gugup, atau grogi menjadi salah satu penyebab turunnya rasa percaya diri.

Wajar jika Anda merasa kurang percaya diri (Pede) saat tampil di depan umum. Hal ini karena Anda masih belum terbiasa. Jika sudah terbiasa, maka rasa percaya diri Anda pun akan naik dan Anda pun tidak akan grogi lagi.

Berikut cara meningkatkan rasa percaya diri saat tampil di depan umum:

1. Jadi diri sendiri

Meniru gaya bicara orang lain demi menarik perhatian publik itu tindakan yang salah. Cobalah untuk menjadi diri sendiri. Biarkan kata-kata mengalir melalui cara Anda sendiri. Mungkin Anda akan merasa gugup, tapi ketahuilah, setiap orang yang tampil di depan publik pasti mengalami perasaan yang sama seperti Anda. Jadi, atasilah kegugupan Anda!

2. Berikan tawa

Saat suasana tegang, Anda akan merasa bahwa semua orang tengah memperhatikan Anda. Jelas ini membuat Anda jadi semakin gugup. Cobalah untuk sisipkan lelucon dalam pidato Anda agar publik tertawa. Karena senyuman itu sangat ampuh untuk meringankan suasana hati sehingga rasa percaya diri Anda jadi meningkat.

3. Berpikir positif

Pikirkanlah hal-hal yang positif dan menyenangkan sebelum Anda pidato. Hal ini membantu Anda agar tetap tenang. Rasa khawatir dan pikiran negatif hanya akan membuat kepercayaan diri Anda menurun. Berpikirlah dengan positif jangan membayangkan hal yang tidak-tidak.

wanita karir

Wanita sukses – Ist

4. Yakinkan diri

Anda harus yakin bahwa orang yang ada di luar sana pasti akan tertarik mendengar pidato Anda. Percayalah tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Yakin pada kemampuan diri sendiri dan terus berpikir positif agar Anda merasa percaya diri.

5. Latihan

Anda merasa kurang percaya diri karena Anda tidak siap. Nah! Agar Anda siap untuk tampil di depan publik, maka persiapkanlah mulai dari sekarang. Anda harus rajin berlatih dan terus mencoba hingga Anda benar-benar siap. Dengan demikian Anda tidak akan gugup lagi.

Rasa percaya diri seseorang itu bisa dikendalikan oleh orang itu sendiri. Artinya, jika Anda ingin menjadi orang yang punya kepercayaan diri tinggi, maka yakini dulu bahwa Anda itu mampu dan bisa. Dengan demikian rasa percaya diri Anda akan meningkat.

(YG)

Comment di sini