Green Tea Sebagai Scrub Alami

by
June 3rd, 2014 at 10:49 am

CiriCara.com – Memiliki wajah mulus nan sehat adalah dambaan hampir seluruh wanita. Kebanyakan wanita rela merogoh kocek sebesar apapun untuk membeli sabun maupun cream wajah yang tanpa diketahui ternyata banyak mengadung zat kimia. Padahal, merawat wajah dengan bahan-bahan alami sebenarnya tidaklah begitu sulit.

Ekstrak teh hijau / Ist

Ekstrak teh hijau / Ist

Cara perawatan wajah dengan bahan-bahan alami kini semakin sering dilakukan. Banyak pula salon-salon yang menggunakan bahan alami untuk perawatan wajah pelanggannya. Merawat wajah secara alami sangat aman dan jauh dari resiko kerusakan pada wajah. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan dalam perawatan wajah adalah green tea.

Green tea atau daun teh hijau memiliki khasiat yang begitu banyak untuk wajah, green tea bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mencegah keriput, mengatasi jerawat, menghilangkan noda hitam, dan mencerahkan kulit. Green tea juga dipercaya bisa menghilangkan warna hitam di kantung mata atau yang biasa disebut dengan mata panda, karena daun teh memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Untuk menggunakan green tea sebagai bahan alami perawatan wajah, kita bisa mengaplikasikannya sebagai scrub alami. Scrub daun teh hijau ini bisa kita buat di rumah dengan mudah.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat scrub green tea:

- 1 kantong teh hijau celup
- 3 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan madu asli
- 1 sendok teh minyak zaitun

Cara pakainya adalah sebagai berikut:

1. Seduh 1 kantong teh hijau celup dengan air panas
2. Tuang 2 sendok makan teh hijau yang sudah diseduh ke mangkuk kecil
3. Tambahkan 3 sendok makan gula pasir
4. Tambahkan 1 sendok teh minyak zaituin
5. Aduk rata dengan menambahkan 1 sendok makan madu asli

Setelah bahan-bahan tersebut tercampur, aplikasikan pada wajah secara merata dan diamkan selama 3-5 menit hingga kering. Gunakan handuk kecil yang sudah direndam air hangat untuk membersihkan wajah dari scrub. Lalu bilas lagi wajah dengan air dingin sampai bersih.

Scrub green tea yang telah diterapkan pada kulit wajah akan membuat kulit terasa lebih halus, kenyal, dan segar. Kulit wajah akan terdetoks dengan sendirinya, karena polusi udara sudah membawa bakteri dan debu ke permukaan wajah sehingga wajah terlihat kusam, berminyak, dan muncul jerawat maupun komedo.

madu / Ist

madu / Ist

Madu sendiri juga mempunyai manfaat untuk melembabkan kulit dan memiliki sifat antibakteri. Antioksidan dan antimikroba alami sifat madu membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari dan mampu mendukung kemampuan kulit untuk meremajakan dan menyegarkan kulit. Madu juga dapat menyerap kotoran dari pori-pori pada kulit. Tidak heran jika banyak scrub alami yang menjadikan madu sebagai salah satu bahan scrub, karena madu adalah bahan pembersih yang ideal.

Penggunaan scrub green tea dalam dua kali sehari secara teratur akan menghasilkan kulit wajah cerah berseri, membantu mengangkat sel kulit mati, dan menyegarkan kulit setiap hari. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba scrub green tea ini.

Daripada membeli kosmetik yang mengandung bahan kimia dan bisa berbahaya, mendingan Anda coba bahan alami. Selain lebih aman, bahan alami ini juga sangat mudah didapat dan tentunya tidak memerlukan biaya yang mahal. Namun, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, bahan alami ini butuh waktu yang cukup lama, jadi Anda harus bersabar.

Comment di sini