Cara Membuat Scrub Tubuh dari Garam dan Lemon

by
June 4th, 2014 at 1:13 pm

CiriCara.com – Jika Anda terlalu lelah menemukan produk scrub tubuh yang cocok untuk kulit sensitif, saatnya Anda beralih pada manfaat alam. Produk pasaran banyak mengandung zat kimia serta pengawet yang akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Tidak hanya untuk kulit sensitif, kulit normal pun seharusnya meninggalkan produk dengan komposisi bahan zat yang berbahaya bagi kesehatan.

scrub garam dan lemon / Buzznet

scrub garam dan lemon / Buzznet

Tidak perlu lagi pusing mencari produk yang cocok karena alam telah memberi banyak manfaat yang bisa kita gunakan untuk merawat kecantikan kulit. Kali ini akan dibahas cara membuat scrub tubuh alami dari bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan, murah, dan efektif dalam merawat kulit. Mengapa harus scrub? Kulit akan mengeluarkan kotoran dan meninggalkan sel kulit mati sehingga membuat kulit menjadi kasar. Eksfoliasi sangat perlu dilakukan secara rutin minimal satu kali seminggu untuk mengelupas kulit mati, melembutkan kulit, dan mencerahkan warna kulit.

Bahan yang diperlukan:

  • 1/2 cangkir garam epsom atau garam kristal
  • 4 sdm minyak zaitun atau extra virgin olive oil
  • Jus lemon
  • Lavender atau tanaman herbal lain sesuai dengan selera

Petunjuk:

  • Campur garam dengan minyak zaitun.
  • Lalu peras setengah potong lemon pada campuran garam dan minyak zaitun. Aduk hingga tercampur rata.
  • Jika Anda ingin menambahkan tanaman herbal kering, tambahkan setelah penambahan jus lemon. Aduk kembali hingga rata.
  • Simpan scrub di dalam toples tertutup.
  • Gunakan scrub untuk mengelupas kulit mati pada tubuh seperti tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya sekali dalam seminggu.

Garam epsom dipenuhi dengan kandungan magnesium sulfida yang mudah diserap oleh kulit. Garam epsom secara alami akan melembutkan kulit, merontokkan sel kulit mati, mengurangi inflamasi, dan merilekskan otot. Anda bisa mengganti garam epsom dengan kristal garam kasar yang mempunyai fungsi sama dengan epsom namun rendah manfaat magnesium sulfida.

Minyak zaitun kaya akan antioxidant seperti vitamin A dan E yang dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari, polusi, serta lingkungan yang tidak sehat. Bekerja sebagai moisturizer, minyak zaitun secara efektif dapat melembabkan kulit yang sangat kering. Kulit yang lembab inilah yang akan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan keriput.

garam dan lemon / Pinterest

garam dan lemon / Pinterest

When life gives you lemon, use it as scrub. Lemon memang punya segudang manfaat, salah satunya adalah manfaat bagi kecantikan. Kandungan pemutih alami yang dimiliki lemon dapat digunakan untuk mencerahkan warna gigi, mengilangkan noda hitam di kulit, dan lain sebagainya. Apalagi kalau bukan kandungan vitamin C yang tinggi? Vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang membuat kulit menjadi kencang, elastis, dan awet muda.

Tanaman herbal seperti lavender dapat menambah manfaat scrub. Lavender yang bekerja sebagai obat penenang alami dapat membuat tubuh rileks, melepaskan stres, dan mengurangi inflamasi.

Apakah Anda tertarik membuat scrub garam dan lemon di rumah? Selamat mencoba… (MD)

Comment di sini