Cara Mengatasi Anak Nakal di Sekolah

by
June 4th, 2014 at 4:37 pm

CiriCara.com – Apakah anak Anda berperilaku buruk saat di sekolah? Berbuat iseng pada temannya. Guru-guru yang mengajar di sekolah pun sering mengadu kepada Anda bahwa si kecil susah diatur dan cenderung melawan. Sebenarnya apa yang salah pada anak Anda?

cara atasi anak nakal

Mendidik anak nakal – Ist

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa si kecil jadi nakal saat di sekolah. Padahal saat di rumah, Anda selalu mengajarkannya untuk berbuat baik dan selalu ramah pada orang lain. Anda pun merasa tidak pernah mencontohkan hal-hal yang negatif pada anak.

Punya anak yang nakal saat di sekolah tentu membuat Anda merasa malu. Selain bisa merusak reputasi Anda sebagai orangtua yang baik, kelakukan anak yang nakal juga bisa membuat nama keluarga jadi tercemar. Harus bagaimana?

Berikut cara mengatasi anak yang nakal di sekolah:

1. Pahami kepribadian anak

Sebagai orangtua, Anda harus memahami kepribadian si kecil. Apakah dia termasuk anak yang pemalu, tempramental, easy going, atau cengeng. Dengan memahami kepribadian anak, Anda akan tahu penyebab anak jadi nakal.

2. Awasi pergaulannya

Anak bisa berubah jadi nakal karena pengaruh temannya. Anda harus mengawasi siapa yang jadi teman main si kecil, baik di sekolah maupun di rumah. Jika si kecil berteman dengan anak yang nakal, maka segera Anda peringatkan si kecil untuk tidak meniru temannya.

3. Ajak bersosialisasi

Anda bisa mengajarkan anak untuk berperilaku baik dengan cara mengajaknya bersosialisasi. Misalnya, ajari anak untuk tahu sopan santun saat berkunjung ke rumah tetangga. Ajari anak untuk peduli dengan orang lain yang sedang kesusahan dengan cara memberi sumbangan.

contoh anak nakal

Anak nakal – Ist

4. Berkomunikasi dengan anak

Anak jadi nakal di sekolah mungkin karena merasa kurang perhatian. Jadi, dia sengaja berperilaku buruk di sekolah hanya untuk mendapat perhatian. Karenanya, luangkanlah waktu Anda untuk berkomunikasi dengan anak. Karena dengan cara ini Anda bisa tahu apa yang sedang diinginkan si kecil.

5. Kerjasama dengan sekolah

Sesekali cobalah Anda tanyakan perkembangan anak selama di sekolah. Minta para guru untuk memberi perhatian lebih pada anak Anda. Dengan demikian Anda bisa memantau si kecil meskipun tidak datang ke sekolah. Anda dan pihak sekolah pun bisa bersama-sama mencari solusi jika si kecil tetap nakal.

Perhatian dari orangtua sangat dibutuhkan si kecil. Karenanya, jadi lah orangtua yang perhatian agar si kecil tidak berulah di sekolah demi mendapatkan perhatian dari Anda. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini