Cara Mengurus STNK yang Hilang

by
June 5th, 2014 at 1:35 pm

CiriCara.com – Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sudah menjadi salah satu surat yang harus dibawa saat Anda berkendara. Karena keharusan inilah sering terjadi kasus kehilangan STNK akibat si pengendara kurang teliti. Apakah Anda juga pernah mengalaminya?

STNK

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) – Ist

Mungkin Anda akan mendadak panik dan bingung saat mendapati STNK mobil atau motor Anda hilang. Padahal, STNK itu selalu menjadi surat yang ditanyakan petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) saat akan melakukan razia kendaraan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ternyata proses pengadaan STNK kembali tidak begitu rumit. Asalkan persyaratan dan berkas yang dibutuhkan sudah lengkap, Anda bisa langsung membuat STNK baru di Samsat terdekat.

Untuk berkas yang perlu dibawa antara lain, KTP pemilik kendaraan (Asli dan fotokopi), fotokopi STNK yang hilang, surat keterangan hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat, dan BPKB (asli dan fotokopi).

Setelah semua berkas tersebut lengkap, Anda bisa langsung memprosesnya ke Samsat untuk membuat STNK baru. Berikut tahapan-tahapannya, seperti dikutip dari Kompas.com:

1. Cek fisik kendaraan. Setelah selesai, Anda sebaiknya fotokopi hasil cek fisiknya.
2. Mengisi formulir pendaftaran.
3. Mengurus cek blokir (mengurus surat keterangan STNK hilang dari Samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. Lampirkan semua persyaratan data dan surat keterangan hilang dari Samsat.
5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Jika kendaraan Anda sudah membayar pajak, maka Anda tidak perlu membayar lagi.
6. Membayar biaya pembuatan STNK baru.
7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Untuk sekadar tips, bagi yang belum mengalami kehilangan STNK atau surat-surat berharga lainnya, sebaiknya segera fotokopi. Anda sebaiknya fotokopi STNK, SIM, KTP, dan BPKB untuk berjaga-jaga jika yang aslinya hilang.

Fotokopi surat-surat tersebut berguna untuk mempermudah proses pengurusan jika suatu saat nanti dokumen yang asli hilang. Khusus untuk STNK, biasanya pihak Samsat sudah mempunyai arsip sendiri jadi tidak masalaj jika Anda tidak punya copy-annya.

Dari yang dilansir Kompas.com, biaya pembuatan STNK baru ini hanya Rp 50.000, namun mengurus sendiri alias tidak pakai perantara oknum atau calo. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini