Ciri-ciri Belum Siap Menikah

by
June 5th, 2014 at 11:34 am

CiriCara.com – Menikah sepertinya sudah tidak menjadi momok yang menakutkan lagi bagi para pasangan kekasih. Buktinya, angka pernikahan muda di Indonesia saat ini terbilang cukup tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Apakah Anda juga ingin menikah?

belum siap nikah

Belum siap menikah – Ist

Banyak pasangan yang memutuskan untuk menikah meski baru 1 bulan atau 1 tahun menjalin hubungan pacaran. Mereka sudah sama-sama yakin dan ingin segera meresmikan jalinan cinta mereka dalam ikatan pernikahan yang suci.

Siap atau tidaknya orang menikah itu memang tidak dilihat berdasarkan lamanya mereka pacaran. Namun, kesiapan seseorang untuk menikah itu dilihat dari berbagai faktor, mulai dari finansial sampai dengan kecocokan masing-masing pasangan.

Masih ragu? Berikut ada beberapa ciri orang belum siap menikah:

1. Belum dewasa

Kedewasaan tidak diukur dari umur, tapi dari pola pikirnya. Jika Anda sering uring-uringan untuk masalah sepele, itu tandanya belum dewasa. Hal sepele saja sudah bisa membuat Anda marah ke pasangan, apalagi masalah besar yang akan dihadapi dalam berumahtangga. Anda masih harus banyak belajar sebelum memutuskan untuk menikah.

2. Finansial tidak stabil

Apakah Anda sudah punya penghasilan tetap setiap bulannya? Jika belum, sebaiknya tunda dulu rencana pernikahan Anda. Kondisi finansial juga menjadi salah satu faktor penting untuk menyokong rumah tangga Anda. Jika Anda masih belum bisa mengatur keuangan Anda sendiri, bagaimana nanti saat mengatur keuangan keluarga?

3. Tidak mandiri

Minta bantuan pacar itu boleh saja, namun jika Anda terlalu sering bergantung padanya, itu tandanya Anda belum siap menikah. Menjalani hidup berumahtangga tidak hanya bisa bergantung pada satu orang saja. Ada kalanya pasangan juga membutuhkan bantuan Anda. Jadi, belajarlah untuk mandiri sebelum Anda memutuskan untuk menikah.

tanda hubungan sulit menikah

Ciri hubungan sulit menikah – Ist

4. Tujuan hidup tidak jelas

Saat masih pacaran, mungkin Anda dan pasangan hanya berpikir rencana kencan malam minggu dan bersenang-senang berdua saja. Tapi, saat memutuskan untuk menikah, kalian harus mulai memikirkan tujuan hidup ke depannya. Menikah bukan hanya tentang cinta, tapi juga tentang masa depan calon anak kalian. Jadi pikirkanlah baik-baik.

5. Belum siap punya anak

Mungkin saat ini memang ada program keluarga berencana (KB) yang bisa membantu Anda agar tidak punya anak dulu setelah menikah. Namun tidak ada yang tahu, karena kehadiran anak itu bisa saja terjadi. Jika Anda memang belum siap punya anak, lebih baik Anda jangan menikah dulu. Karena mengasuh anak itu butuh kedewasaan dan kematangan emosi.

Pertimbangkanlah segala sesuatunya dengan baik. Jangan sampai Anda menyesal dan akhirnya memutuskan untuk bercerai. Renungkan kembali, apakah kalian benar-benar sudah yakin untuk menikah atau hanya sekadar menuruti emosi saja?

(YG)

Comment di sini