Dana Kampanye, Jokowi Hanya Sumbang Rp 3 Juta

by
June 5th, 2014 at 9:10 am

Jakarta (CiriCara.com) – Pasangan capres cawapres Jokowi-JK telah membuka rekening khusus dana kampanye untuk menerima sumbangan dari masyarakat. Tidak hanya mengharapkan sumbangan dari masyarakat, Jokowi sendiri pun ikut menyumbang.

jokowi jk

Jokowi dan Jusuf Kalla – Ist

Seperti yang tercantum dalam laporan daftar penyumbang dana kampanye Jokowi-JK yang diterima KPU, tercatat Jokowi telah menyumbangkan dana sebesar Rp 3 juta. Namun, Jusuf Kalla yang menjadi pasangan Jokowi masih belum tampak ikut menyumbang.

Dari laporan daftar penyumbang dana kampanye Jokowi-JK tersebut diketahui dana yang masuk per tanggal 31 Mei sampai 3 Juni 2014 sudah mencapai Rp 44,5 miliar. Jelas, jumlah ini jauh lebih besar dari jumlah yang disumbang Jokowi.

Berdasarkan berita dari detik.com, Kamis (5/6/2014), dana sumbangan kampanye untuk Jokowi-JK itu berasal dari perusahaan dan ribuan penyumbang lainnya. Seperti diketahui, masyarakat boleh menyumbang dengan suka rela melalui 3 rekening yang telah disiapkan.

Tiga rekening atas nama Jokowi Widodo Jusuf Kalla itu telah dibuat melalui tiga bank yang berbeda yakni, BRI, BCA, dan Bank Mandiri. Kata Jokowi, masyarakat boleh menyumbang seikhlasnya, termasuk Rp 1.000 pun akan diterima.

Berbeda dengan Jokowi, calon presiden Prabowo Subianto kabarnya telah menyumbangkan Rp 5 miliar untuk dana kampanye dirinya dan Hatta Rajasa pada Pilpres mendatang. Namun, total dana kampanye yang didapat pasangan Prabowo-Hatta saat ini hanya Rp 10 miliar.

Dana sumbangan untuk kampanye Jokowi-JK tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah. Mengingat KPU telah memperkenankan kedua pasangan capres untuk menerima lagi sumbangan kampanye pada masa kampanye 4 Juni sampai 5 Juli 2014.

Namun, KPU menegaskan bahwa laporan dana sumbangan kampanye dan laporan penggunaan dana kampanye harus dilaporkan ke KPU paling lambat 14 hari sejak berakhirnya masa kampanye.

(YG)

Comment di sini