Manfaat Refleksologi untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan

by
June 5th, 2014 at 2:56 pm

CiriCara.com – Refleksologi merupakan aplikasi tekanan pada daerah kaki, tangan, dan telinga. Konsep refleksologi telah lama diterapkan oleh masyarakat Mesir dan Cina kuno untuk meredakan beberapa rasa sakit dan nyeri serta gangguan tubuh lainnya. Pada dasarnya, refleksologi dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih sehat. Teknik yang digunakan adalah pemijatan di telapak tangan dan telapak kaki dengan tujuan merangsang syaraf yang bercabang ke organ dan kelenjar tubuh. Maka dari itu refleksologi merupakan cara efektif untuk menghilangkan stres.

Baca juga: Manfaat Akupresur Bagi Kesehatan.

Para refleksiologis menggunakan grafik kaki untuk memandu mereka mengarahkan tekanan pada area tertentu. Kadang digunakan alat seperti bola karet, karet gelang, dan tongkat kayu untuk membantu proses pemijatan. Praktisi refleksologi antara lain ahli tulang, terapis fisik, dan terapis pijat.

Seperti yang sudah dibuktikan pada beberapa penelitian, refleksologi bisa mengurangi rasa sakit dan gejala psikologi seperti cemas dan depresi, serta mendorong tubuh rileks dan mudah tidur. Refleksiologis mengklaim bahwa teknik pemijatan ini dapat mengatasi beberapa kondisi kesehatan seperti asma, diabetes, dan kanker meski penelitian tidak dapat membuktikan hal tersebut.

Berikut manfaat refleksiologi untuk mengatasi berbagai hal yang membuat Anda sakit dan tidak nyaman serta membantu Anda memiliki hidup yang lebih sehat.

1. Membantu Anda Tidur Pulas

Refleksologi / Ist

Refleksologi / Ist

Jika Anda menginginkan kualitas tidur yang lebih baik, yaitu tidur nyenyak dan pulas, Anda bisa melakukan refleksologi sederhana sendiri. Aplikasikan tekanan pada kedua ibu jari kaki Anda. Lebih tepatnya adalah di bagian ujung bawah jempol kaki dimana terdapat kelenjar pineal yang berfungsi mengatur hormon melatonin. Menggosokkan sisa bagian jempol kaki juga mampu melepaskan endorfin yang membantu Anda lebih rileks.

Comment di sini