Kontroversi Garuda di Dada Prabowo-Hatta

by
June 6th, 2014 at 10:55 am

Jakarta (CiriCara.com) – Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa bersama tim suksesnya selalu memakai kemeja warna putih berlambang Garuda di dada untuk berkampanye. Namun belakangan ini, penggunaan lambang Garuda itu dipermasalahkan.

prabowo subianto

Prabowo pakai kemeja putih berlogo Garuda – Ist

Sepintas memang tidak ada yang salah dari lambang Burung Garuda di baju Prabowo-Hatta. Namun ternyata, penggunaan lambang negara tersebut sudah diatur secara ketat oleh UU No 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Dalam UU tersebut disebutkan bahwa lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang selanjutnya disebut lambang negara adalah Garuda Pancasila dengan Semboyang Bhinneka Tunggal Ika.

Pada pasal 52 huruf e, disebutkan lambang negara dapat digunakan sebagai lencana. Dapat juga dipakai sebagai atribut pejabat negara, pejabat pemerintah atau warga negara Indonesia yang sedang mengemban tugas negara di luar negeri.

Dan dalam pasal 54 ayat 3 disebutkan, Lambang Negara sebagai lencana atau atribut sebagaimana dimaksud dalam pasal 52 huruf e dipasang pada pakaian di dada sebelah kiri. Namun, pada baju Prabowo-Hatta lambang Garuda justru dipasang di dada sebelah kanan.

Menurut Pakar Psikologi Politik dari Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk, penggunaan lambang negara memang tidak boleh asal pakai. Harus sesuai dengan yang telah diatur oleh Undang-Undang (UU). “Enggak boleh sembarangan itu,” katanya.

Hamdi menjelaskan bahwa tata letak dan penggunaan lambang Burung Garuda sudah ada aturannya. Jadi, setiap warga negara Indonesia harus memakainya sesuai dengan yang sudah diatur di UU.

“Ada tempat-tempat yang diperbolehkan, ada yang tidak,” ujar Hamdi di Hotel Four Seasons, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (5/6/2014) kemarin.

lambang garuda

Garuda Pancasila – Ist

Meskipun demikian, tim advokasi Prabowo-Hatta menyatakan bahwa penggunaan logo Garuda yang selalu dipakai Prabowo itu tidak melanggar UU tersebut. Pasalnya, logo Garuda yang dipakai Prabowo bukanlah Garuda Pancasila yang merupakan lambang negara.

Menurut Juru Bicara Tim Prabowo-Hatta, Habiburokhman, logo Garuda yang dipakai Prabowo adalah logo burung garuda biasa. Pasalnya kalau Garuda Pancasila itu mempunyai ciri-ciri khusus, seperti menoleh ke kanan, jumlah bulu, dan ada perisai di tengah yang terdapat lima ruang yang mewujudkan dasar Pancasila.

“Kami merasa ada pihak yang tidak senang dengan pemakaian logo tersebut dan berupaya melakukan kriminalisasi dengan menuduh kami melanggar UU,” kata Habiburokhman, seperti dikutip dari Viva News, Kamis (5/6/2014).

Bagaimana menurut Anda?

(YG)

Comment di sini