Mengenali Masalah-masalah Umum pada Mesin Cuci Anda

by
June 6th, 2014 at 2:02 pm

CiriCara.com – Sebagian besar Ibu rumah tangga masa kini sudah tidak asing lagi dengan perabotan yang satu ini, mesin cuci. Ya, mesin yang pintar ini sangat berguna untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan rumah tangga. Namun, adakalanya mesin cuci tidak dapat berfungsi dengan baik, dan jika ini terjadi di saat-saat Anda membutuhkannya untuk mencuci tumpukan pakaian, tentunya bisa membuat Anda jengkel.

memakai mesin cuci

Mesin cuci – Ist

Berikut kita akan membahas beberapa masalah yang umumnya terjadi pada mesin cuci Anda. Dengan mempelajari cara memperbaiki mesin cuci yang benar ini, Anda dapat mengatasi masalah-masalah umun ini sendiri sebelum memutuskan untuk menelpon tenaga ahli. Namun jika Anda tidak yakin, selalu hubungi jasa servis mesin cuci profesional yang disarankan oleh produsen. Saat Anda hendak memeriksa mesin cuci, gunakan perlengkapan keamanan yang sesuai dan jangan lupa untuk melepaskan kabel sumber listrik sebelum melakukan pengecekan

Tombol-tombol tidak menyala

Jika pada saat hendak mencuci, tombol tombol di mesin cuci tidak dapat dinyalakan atau berfungsi, kemungkinan besar terjadi masalah pada sambungan listrik. Hal yang pertama-tama harus dilakukan adalah memeriksa keadaan kabel listrik. Mungkin ini terdengar sepele, namun terkadang kita lupa untuk memasukkan kabel ke stop kontak atau kabel tidak sengaja terlepas. Periksa juga apakah stop kontak Anda di rumah masih dalam keadaan baik. Selalu ingat saat berhubungan dengan listrik, berhati-hatilah. Jika ada bagian kabel yang terkelupas, ada baiknya Anda memanggil tenaga ahli untuk memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.

Mesin cuci tidak dapat beroperasi

Apabila tombol-tombol mesin cuci dapat dinyalakan dan berfungsi dengan baik, namun mesin tidak dapat beroperasi saat program pencucian sudah dipilih dan ditekan, ini dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Coba periksa hal-hal berikut ini:

  • Pintu belum rapat: pastikan pintu tertutup dengan rapat hingga mengeluarkan bunyi “klik”. Mesin cuci modern didesain dengan tingkat keamanan yang tinggi sehingga mesin cuci tidak akan beroperasi jika pintu belum tertutup dengan sempurna.
  • Jumlah cucian terlalu sedikit: mesin cuci modern sudah banyak yang dilengkapi oleh sensor otomatis yang akan mendeteksi hal ini. Jumlah cucian yang sangat sedikit dapat beresiko merusak mesin cuci karena bisa menimbulkan getaran mesin cuci yang kuat dikarenakan  beban yang terlalu ringan.
  • Air tidak masuk atau keluar: periksa selang masuk air dan selang pembuangan. Selang yang terlipat atau terhimpit oleh benda lain dapat menyebabkan keluar masuk air tidak lancar. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa saringan kotoran dan membersihkannya secara rutin.

Jika tips dan trik sederhana cara memperbaiki mesin cuci di atas tidak berhasil memperbaiki masalah mesin cuci Anda, ada kemungkinan mesin Anda mengalami kerusakan yang lebih rumit dan memerlukan servis atau penggantian suku cadang. Jika hal ini terjadi, langkah yang terbaik adalah memanggil tenaga servis profesional untuk memperbaiki mesin cuci Anda. Biasanya produsen mesin cuci ternama mempunyai nomor khusus pelayanan pelanggan yang dapat menyediakan tenaga ahli yang siap Anda panggil dengan biaya tertentu atau bahkan gratis jika masih dalam masa garansi.

Comment di sini