Negara Hemat Rp 3,2 Triliun Jika Pilpres Satu Putaran

by
June 6th, 2014 at 4:17 pm

Jakarta (CiriCara.com)Pemilihan Umum (Pemilu) untuk menentukan presiden pengganti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memang tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Setidaknya, triliunan rupiah uang negara harus digelontorkan demi suksesnya Pemilu 2014.

surat suara presiden 2014

Contoh surat suara pemilihan presiden 2014 – Metrotvnews.com

Dan pada 9 Juli 2014 mendatang, masyarakat akan kembali menyalurkan hak suaranya untuk menentukan siapa yang menjadi Presiden Republik Indonesia. Berbeda dari pemilihan presiden (Pilpres) tahun sebelumnya, Pilpres 2014 ini hanya diikuti oleh dua pasangan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah secara resmi menetapkan dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung di Pilpres mendatang. Dimana pasangan dengan nomor urut 1 adalah Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan pasangan dengan nomor urut 2 adalah Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Jika melihat hal tersebut, kemungkinan besar Pilpres 2014 akan berlangsung satu putaran saja. Itu artinya, anggaran untuk Pemilu bisa dipotong dan keuangan negara pun otomatis akan sedikit lebih hemat.

“Penghematan sekitar Rp 3,2 triliun berpotensi diperoleh dari tidak adanya putaran kedua Pemilu Presiden,” ungkap Menteri Keuangan Chatib Basri di Jakarta, seperti yang dilansir situs resmi Sekretariat Kabinet, Jumat (6/6/2014).

Menurut Chatib, pemotongan anggaran dana untuk Pemilu Presiden tersebut akan sangat membantu program penghematan pemerintah. Pasalnya, selama ini pemerintah Indonesia memang tengah berupaya untuk melakukan penghematan demi menekan defisit anggaran.

Chatib menjelaskan, upaya penghematan pemerintah di antaranya ada pada sektor bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Dimana pemerintah berencana untuk melarang penggunaan BBM bersubsidi untuk sektor tambang, industri, perkebunan, dan kendaraan dinas pemerintah.

“Tapi mesti dieksplore lagi,” ujar Chatib.

Demi menghemat anggaran negara, mari kita sukseskan Pemilu Presiden, 9 Juli 2014 mendatang. Salurkan hak suara Anda, dan pilih lah pemimpin yang Anda anggap benar serta tepat untuk memimpin Indonesia di masa mendatang.

(YG)

Comment di sini