Tips Menulis Blog yang Baik

by
June 6th, 2014 at 9:28 am

CiriCara.com – Blog adalah sebuah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang kemudian disebut sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web/blog biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

tips ngeblog

Tips menulis blog – Ist

Menulis pada sebuah blog sama seperti menulis pada sebuah buku. Yang berbeda hanya medianya saja. Banyak orang menganggap blog itu sebagai pengganti buku harian mereka. Tapi ada juga yang menggunakan blog tersebut untuk berjualan produk yang mereka jual atau sekedar menyalurkan hobi menulis mereka.

Bagaimana tips yang baik dalam menulis blog? Berikut ini adalah tips-tips yang bisa membantu kalian dalam menulis blog (dirangkum dari berbagai sumber):

1. Pilih Web Blog Kalian

Yang pertama harus kalian miliki tentunya web blog itu sendiri. Sekarang ini sudah cukup banyak web blog yang bisa kalian gunakan. Ada blogger.com, wordpress.com, dan blog.com yang paling banyak digunakan. Kalian hanya perlu registrasi sebagai pengguna baru, lalu pelajari tata cara untuk menulis di laman web blog tersebut dan mulai menulis.

2. Tentukan Tema Blog Kalian

Tema ini nantinya akan membuat kalian fokus pada isi dari blog kalian. Contoh dari tema blog itu sendiri adalah, blog pribadi, blog politik, blog kesehatan, blog perjalanan sampai blog mode.

3. Tulisan Jangan Terlalu Panjang

Inilah perbedaan menulis di blog dan media cetak. Blog yang dibaca melalui media elektronik akan cepat membuat mata lelah apabila tulisan yang kalian post terlalu panjang. Untuk satu tulisan yang kalian tulis, buatlah sederhana dan pendek. Maksimal 500-600 kata dalam sebuah tulisan di blog kalian.

4. Hindari Bahasa SMS

Selain tidak membuat kita belajar mengenai Bahasa Indonesia yang baik dan benar, bahasa SMS ini membuat sebagian pembaca bingung. Sayang saja kan tulisan yang sudah kita buat tapi malah tidak dibaca oleh para pembaca blog kita.

5. Tulis Tentang Passion Kita

Dengan menulis mengenai hal yang kita sukai, maka menulis bukanlah sebuah hal yang berat dilakukan. Menulis apa yang kalian cintai justru akan mampu membantu semangat dan produktivitas menulis kita.

6. Menulis Secara Berkala

Konsistensi adalah yang membedakan media blog dengan media tulis lainnya. Konsistensi membantu kita para penulis menemukan gaya menulis yang membuat kita nyaman. Jangan pikirkan masalah pembaca. Pembaca akan datang dengan sendirinya. Apabila mereka menyukai tulisan kita, para pembaca itu akan menanti tulisan kita berikutnya.

Penulis Blog7. Minta Pendapat

Dengan meminta pendapat mengenai gaya tulisan atau tema yang kita tulis di blog kita akan membantu kita menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi. Jangan malu bertanya, nanti bisa sesat di jalan.

8. Cek Kesalahan

Biasanya penulis pemula mulai menulis blog dengan membiarkan tulisan mengalir begitu saja. Ini tidak salah, tapi ada baiknya sebelum tulisan itu di post, kita sebagai penulis cek lagi tulisan kita dan membenarkan apa yang salah supaya para pembaca blog kita nyaman saat membaca tulisan yang kita post.

9. Cek Flow

Ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Karena kalian keasyikan menulis apa yang ada di pikiran kalian, akibatnya kalian tidak menjaga aliran tulisan kalian. Menjaga aliran tulisan ini efeknya sama dengan poin sebelumnya, membuat para pembaca nyaman dengan apa yang ingin kita sampaikan.

Semoga ke 9 tips di atas dapat membantu kalian dalam membuat sebuah web blog yang baik dan dibaca oleh banyak orang.

(gtr)

Comment di sini