Cara Agar Layar Smartphone Tetap Awet

by
June 9th, 2014 at 3:32 pm

CiriCara.com – Saat ini sebagian besar smartphone sudah menggunakan teknologi layar sentuh untuk pengoperasiannya. Jika pada handphone biasa yang paling sering rusak adalah tombolnya, maka pada smartphone yang rawan rusak adalah layarnya.

layar sentuh

Layar sentuh smartphone – Ist

Meskipun ada smartphone yang mengklaim punya daya tahan lama dan awet, namun tetap saja Anda harus menggunakannya dengan bijak. Karena penggunaan yang salah dan berlebihan justru akan membuat smartphone Anda jadi rusak.

Walaupun menggunakan teknologi pelindung layar yang canggih, namun tetap saja kemungkinan layar rusak masih ada. Untuk itu Anda harus berhati-hati agar layar smartphone milik Anda tidak cepat rusak.

Berikut cara agar layar smartphone tetap awet:

1. Pakai stylus atau jari

Saat menggunakan smartphone sebaiknya hanya menggunakan jari atau stylus. Jangan pakai alat atau benda tajam seperti pisau, obeng, atau yang lainnya. Meskipun sudah dilindungi oleh pelapis layar, Anda tetap saja harus berhati-hati agar layar smartphone tetap sensitif.

2. Hindari sinar matahari

Smartphone memang diperbolehkan dipakai di luar ruangan. Namun, tetap saja smartphone Anda tidak boleh berlama-lama terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini mencegah agar kualitas LCD smartphone tetap bagus dan awet.

3. Pakai pelindung layar

Anda bisa memasangkan screen protector agar layar smartphone Anda tidak tergores. Untuk perlindungan maksimal, Anda juga disarankan untuk memakai casing tertutup atau flip cover. Hal ini bertujuan agar layar tetap terlindungi sekalipun saat disimpan di tas maupun di saku.

Proses PDKT - Ist4. Lap lembut dan bersih

Jika ingin membersihkan layar smartphone Anda bisa menggunakan kain lap yang berbahan halus dan tentunya bersih. Menggunakan lap yang kasar hanya akan meninggalkan baret di layar, jadi pilih lap yang lembut. Ingat! Matikan smartphone atau kunci layar terlebih dahulu agar tidak ada tombol yang tertekan tanpa disengaja.

5. Jangan terjatuh

Meskipun diklaim kuat dan tahan banting, tetap saja smartphone Anda tidak boleh terjatuh apalagi sampai dijatuhkan dengan sengaja. Ingat! Ketahanan smartphone bisa saja berbeda dari yang diiklankan, jadi jaga smartphone Anda baik-baik. Karena sekali terjatuh, performa smartphone Anda akan berkurang, entah itu masalah layar atau yang lainnya.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar layar smartphone Anda bisa tetap awet. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini