Ciri-ciri Depresi Pada Anak

by
June 9th, 2014 at 12:00 pm

CiriCara.com – Tekanan mental atau depresi tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun juga bisa dialami oleh anak-anak. Karenanya, para orangtua diminta untuk lebih perhatian lagi terhadap buah hati mereka. Jangan sampai Anda terlambat menyadari bahwa anak Anda mengalami depresi.

anak-anak

Anak depresi – Ist

Anak mengalami depresi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor keluarga yang meliputi pertengkaran orangtua, kekerasan fisik, dan faktor lingkungan yang meliputi dikucilkan teman, di-bully saat di sekolah, atau ditindas oleh teman mainnya.

Untuk itu, para orangtua diharuskan mengawasi tumbuh kembang anaknya dengan baik. Perhatikan perkataan dan juga sifat anak, apakah termasuk masih normal atau sudah menyimpang. Karenanya, sangat penting adanya waktu khusus bersama keluarga dalam rumahtangga Anda.

Berikut ciri-ciri anak mengalami depresi:

1. Lebih suka sendiri

Jika anak Anda tiba-tiba saja mengurung diri di dalam rumah dan tidak mau keluar bermain dengan teman-temannya, itu ciri kalau dia merasa depresi. Mungkin dia sudah jadi korban bully atau dikucilkan oleh temannya. Cobalah untuk mencari tahu apa penyebabnya.

2. Mudah menangis

Saat anak menangis kebanyakan orangtua akan menilainya sebagai hal biasa dan menyebut anaknya itu cengeng. Namun jika anak sudah terlalu sering menangis, bisa jadi itu ciri kalau dia merasa depresi. Anda harus mencari tahu apa penyebab si kecil jadi mudah menangis.

3. Berkata aneh

Saat anak mulai berkata aneh dan menyinggung masalah kematian, ini bisa jadi ciri kalau dia mulai depresi. Orang depresi biasanya menganggap mati adalah keputusan yang tepat. Karenanya, jika anak sudah mulai berkata soal bunuh diri, Anda harus waspada.

menghadapi anak pemalu

Anak – Ist

4. Berani melawan

Anak Anda tiba-tiba saja jadi bersikap kasar dan berani melawan Anda? Itu ciri kalau dia mulai depresi. Mungkin selama ini Anda terlalu menekan dia agar jadi anak berprestasi, juara kelas, dan harus menjadi seperti ayah/ibunya. Sifat melawan itu tanda kalau dia sudah tidak kuat lagi karena terus ditekan.

5. Jadi emosian

Anak depresi biasanya akan berubah jadi pemarah. Dia lebih suka bebas dan langsung marah saat Anda melarangnya. Ini bisa jadi salah satu cara anak meluapkan kekesalannya karena merasa depresi dengan suatu hal.

Anda sebagai orangtua harus bisa mengerti dan mengenali karakter anak. Dengan demikian Anda akan langsung menyadari jika ada hal aneh yang terjadi pada anak. Terus berikan perhatian dan dampingi anak Anda agar dia tidak merasa sendirian.

(YG)

Comment di sini