Cara Atasi Puting Lecet Karena Menyusui

by
June 10th, 2014 at 11:21 am

CiriCara.com – Menyusui merupakan salah satu kewajiban seorang ibu untuk memberikan asupan gizi yang baik untuk buah hati mereka. Apalagi air susu ibu (ASI) sangat dibutuhkan bayi setidaknya hingga dia berumur 2 tahun. ASI ini juga sangat bagus untuk tumbuh kembang si bayi.

ibu dan anak

Ibu menyusui – Ist

Namun saat menyusui, ibu sering mengaku sakit karena puting payudara mengalami lecet. Hal ini wajar terjadi, apalagi jika bayi Anda sedang tumbuh gigi. Dia akan cenderung lebih suka menggigit benda-benda yang ada di sekitarnya termasuk puting ibu saat menyusui.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Puting yang lecet akibat digigit bayi ini ternyata bisa diobati dengan mudah. Jadi, Anda jangan kapok lalu memutuskan untuk berhenti memberikan ASI. Pasalnya, tidak selamanya bayi akan terus menggigit, hal ini hanya terjadi sesekali saja.

Berikut cara mengatasi puting lecet akibat menyusui atau digigit bayi:

1. Kantong teh hangat

Untuk meringankan rasa sakit di puting yang lecet, Anda bisa menggunakan kantong teh hangat. Kompreskan kantong teh ke daerah puting yang lecet, maka rasa sakitnya akan berkurang. Anda juga bisa menggunakannya sebelum menyusui untuk mencegah luka.

2. Olesi dengan ASI

Air susu ibu (ASI) diketahui kaya akan zat antibodi. Zat tersebut sangat berguna untuk mengobati puting yang lecet. Cukup dengan mengoleskan ASI pada sekitar puting dan areola, rasa sakit akibat puting lecet bisa segera hilang dan Anda pun bisa menyusui si kecil lagi.

menyusui massal di Filipina

Acara menyusui massal – Ist

3. Memompa ASI

Si kecil menggigit puting ibu mungkin karena ASI yang keluar sedikit. Untuk mencegahnya, Anda bisa memompa ASI saat akan menyusui. Cara ini berguna untuk melunakkan dan memanjangkan puting agar si kecil tidak kesusahan lagi saat akan menyusu.

4. Melepas bra

Jika lecet di puting Anda sudah semakin parah, lebih baik Anda periksakan diri ke dokter. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan pakaian yang ketat. Hal ini mencegah luka lecet bergesekan dengan kain baju. Lepas bra, hal ini berguna agar luka cepat kering, tidak lembab, dan tidak menjadi semakin parah.

Mengalami lecet karena menyusui itu adalah hal yang wajar. Jadi Anda jangan kapok lalu berhenti menyusui si kecil. Ingat! ASI sangat dibutuhkan dan sangat penting untuk tumbuh kembang si bayi. Jadi susui anak Anda setidaknya sampai 2 tahun.

(YG)

Comment di sini