Debat Perdana Capres 2014, Siapa yang Unggul?

by
June 10th, 2014 at 10:35 am

Jakarta (CiriCara.com)Debat capres-cawapres 2014 untuk yang pertama kalinya pada Senin (9/6/2014) malam kemarin telah berakhir. Debat tersebut diikuti oleh pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Lalu, siapa yang unggul dalam debat pertama ini?

debat capres

Prabowo, Hatta, Jusuf Kalla, dan Jokowi di acara debat capres-cawapres 2014 – JIBI/Bisnis

Acara debat yang bertemakan “Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum” itu ditayangkan secara live di beberapa stasiun TV. Masyarakat pun sangat antusias untuk menyaksikan acara debat tersebut.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Mercu Buana, Heri Budianto memberikan penilaian yang berbeda terhadap jawaban kedua pasangan capres-cawapres tersebut. Menurut Heri, pasangan Prabowo-Hatta terkesan normatif, sedangkan jawaban Jokowi-JK dinilai lebih solutif.

Selain itu, Heri pun menuturkan bahwa Jokowi-JK lebih unggul dalam pemilihan kata saat menjawab pertanyaan. Pasalnya, mereka seringkali menggunakan kata-kata yang mudah dipahami masyarakat secara umum. Sedangkan, Prabowo-Hatta seringkali menggunakan kata-kata yang hanya dapat dipahami masyarakat di kalangan tertentu saja.

Meskipun demikian, dari tiga aspek yang dibahas dalam debat tersebut, Heri menilai kedua pasangan memberikan jawaban yang cukup seimbang.

- Aspek demokrasi
Menurut Heri, baik Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK sama-sama mengemukakan gagasan dan program yang hampir sama. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari jawaban keduanya soal demokrasi di Indonesia.

- Aspek pemerintahan yang bersih
Untuk aspek ini, Heri menilai Jokowi-JK sedikit lebih unggul dibanding Prabowo-Hatta. Jawaban yang diberikan Jokowi-JK mengenai kebijakan publik lebih aplikatif dan terukur. Sementara itu, jawaban yang diberikan Prabowo-Hatta dinilai masih kurang kongkrit.

- Aspek kepastian hukum
Menurut Heri, baik Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK keduanya seimbang. Seperti yang diungkapkan dalam debat semalam, keduanya sama-sama berkomitmen untuk memperkuat KPK, Kejaksaan Agung (Kejagung), dan Polri.

Mengenai kesolidan kedua pasangan, Heri menilai seimbang. Pada segmen 1, 2, dan 3 pasangan Prabowo-Hatta terlihat lebih solid dibanding Jokowi-JK. Namun, pada segmen debat 4, 5, dan 6 pasangan Jokowi-JK justru terlihat lebih solid dan mendominasi forum.

Demikian penilaian dari pengamat komunikasi politik dari Universitas Mercu Buana Heri Budianto yang dikutip dari Solopos.com, Selasa (10/6/2014). Namun, tetap saja masyarakat bisa menilai sendiri debat yang berjalan tadi malam itu.

(YG)

Comment di sini