Cara Unik Memisahkan Kuning dengan Putih Telur

by
June 11th, 2014 at 3:32 pm

CiriCara.com – Apakah kamu suka membuat kue? Bagi kamu yang suka membuat kue atau adonan sejenisnya, pasti kamu tidak jarang menemukan resep membuat kue dimana jumlah kuning dan putih yang diperlukan di dalam adonan tidak sama. Padahal untuk memisahkan kuning dengan putih telur dengan sempurna tidaklah mudah. Selain bagian kuning telur yang rapuh dan mudah terkoyak, pasti ada saja bagian putih telur yang ikut masuk ke dalam adonan kue kita.

memisahkan kuning telur

Memisahkan kuning telur dengan putih telur – Ist/Youtube

Selama ini banyak yang telah menggunakan berbagai cara untuk memisahkan bagian kuning dan putih telur. Mulai dari menggunakan tangan kosong dengan meniriskan bagian putih telur melalui sela-sela jari, membolak-balikkan kuning telur dari satu sisi cangkang ke sisi lainnya berulang-ulang, atau bahkan mengayak kuning telur dengan saringan dan berbagai cara lainnya.

Tidak jarang hal-hal tersebut malah membuat kuning telur pecah dan tercampur ke dalam putih telur. Atau membuat bagian putih telur menjadi kotor dan tidak dapat digunakan lagi. Padahal sesungguhnya bagian putih telur yang tidak terpakai saat kita membuat kue dapat dimanfaatkan untuk membuat masakan lainnya.

Ada cara unik dan mudah untuk memisahkan kuning telur dari putihnya dengan sempurna. Sehingga kamu tetap dapat menggunakan kedua bagian telur tersebut tanpa membuat bagian telur mubazir.

Alat yang diperlukan juga sangat simpel dan mudah didapat. Kamu hanya memerlukan sebuah botol plastik kosong dengan bagian mulut botol berukuran sedang yang sudah di bersihkan serta dikeringkan dengan sempurna dan wadah piring serta mangkuk sebagai wadah bagi kuning telur yang sudah dipisahkan.

Jika kamu terbiasa menyimpan telur di dalam kulkas, keluarkan telur dari kulkas sekitar 20 atau 30 menit sebelum telur dipisahkan. Hal ini untuk memberikan waktu agar putih telur mencair dan tidak mengeras karena beku saat dipisahkan. Putih telur yang mengeras bentuknya lebih kental dan menggumpal, sehingga lebih sulit untuk dipisahkan dari kuning telur karena biasanya putih telur yang masih beku akan menempel ke kuning telurnya.

memecahkan telur ayam

Memecahkan telur di piring – Ist

Pertama-tama, pecahkan telur dengan hati-hati tanpa memecahkan kuningnya sesuai dengan jumlah yang kamu perlukan dan tuang ke dalam piring bersih.

Comment di sini