Debat Capres 2014, Jokowi Bawa Doa Nabi Musa

by
June 11th, 2014 at 10:04 am

Jakarta (CiriCara.com) – Berita terkait kertas yang terselip di balik jas calon presiden (capres) Joko Widodo saat debat capres, Senin (9/6/2014), jadi perbincangan hangat publik. Banyak yang penasaran dengan isi dari kertas tersebut. Bahkan ada yang menduga kertas tersebut merupakan kertas contekan untuk debat lawan capres Prabowo Subianto.

jokowi dan jk

Sebuah kertas terlihat terselip di balik jas Jokowi (kiri) – Ist

Menanggapi berita yang beredar, anggota tim sukses Jokowi-JK, Eep Saefulloh pun akhirnya mengklarifikasi isi kertas tersebut. Eep, melalui akun Twitter-nya mengungkapkan bahwa kertas yang terselip di balik jas Jokowi itu adalah doa Nabi Musa.

7. Ketika soal #KertasItu diributkan, @smalakiano langsung memberitahu kami: ‘Itu doa Nabi Musa yang dititipkan Ibunda Pak @jokowi_do2!” demikian tulis klarifikasi Eep melalui akun Twitter pribadinya, @EepSFatah.

Meskipun demikian, sejumlah pengguna Twitter malah menanggapinya dengan negatif. Menurut salah satu akun bernama Iman Sudarman, seharusnya Jokowi sudah hafal doa tersebut bukan malah menyelipkan doa tersebut di jasnya.

“Segede itu kertas? Anak kecil juga hafal banget doa itu, harusnya yg mirip nabi jauh lebih hafal gak pake bawa contekan doa,” tulis Iman Sudarman di Twitter, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (11/6/2014).

Ukuran kertas yang menyembul dari jas Jokowi memang terlihat besar seukuran amplop. Karenanya, beberapa pengguna Twitter pun menilai hal itu berlebihan. Pasalnya, kertas doa yang diselipkan itu biasanya berukuran kecil.

Menanggapi komentar-komentar tersebut, Eep pun lebih memilih untuk tidak membalasnya. Eep malah menuliskan bahwa masih ada banyak hal yang lebih penting lagi ketimbang membahas masalah kertas yang terselip di jas Jokowi.

jokowi

Jokowi tunjukkan kertas doa yang terselip di jasnya – Ist

Sementara itu, Jokowi sendiri memang sudah mengakui bahwa kertas tersebut merupakan doa dari Ibundanya. Menurutnya, doa tersebut bertujuan agar dirinya bisa lancar dalam berbicara saat acara debat lawan Prabowo.

“Ini bukan contekan, ini surat doa dari ibu saya,” kata Jokowi.

Seperti dikutip dari Kompas.com, bunyi doa itu adalah “Rabbis rahlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul uqdatam mil lisaani yafqahu qaulii.Kertas doa itu berukuran besar karena memang terdapat teks dan tulisan Arab di dalamnya.

(YG)

Comment di sini