Cara Ngeblog yang Asyik

by
June 12th, 2014 at 4:19 pm

CiriCara.com – Kalau ditanya tentang apa asyiknya ngeblog, saya pasti akan menjawab dengan bersemangat: “Waaah asyik sekali!” lalu memberikan serentetan jawaban, kalau bisa dalam bentuk tulisan. Saya bahkan bisa menuliskannya berlembar-lembar! Karena bagi saya yang menemukan passion menulis sejak 3 tahun terakhir ini, dengan mantap saya memilih blog sebagai base saya.

Belanja online / Ist

Asyiknya ngeblog / Ist

Nah, bagi saya ini dia yang membuat ngeblog itu menjadi asyik:

  1. Tempat curhat yang asyik.
  2. Menjadi wadah untuk mendokumentasikan kehidupan.
  3. Tempat belajar menulis yang asyik karena tulisan kita bisa langsung di-posting dan langsung disebarkan hingga orang lain bisa langsung membaca dan mengomentarinya.
  4. Bisa mendatangkan banyak teman baru.
  5. Membuat kita mempelajari banyak pengetahuan baru.
  6. Tempat “rekreasi” yang asyik. Karena menulis (termasuk menulis di blog) adalah salah satu bentuk terapi, cara asyik melenturkan pikiran dan perasaan dari beban keseharian.

Tanpa ataupun dengan adanya pengunjung, sebenarnya ngeblog itu asyik-asyik saja. Tanpa pengunjung pun, blog bisa menjadi “album” pribadi kita. Blog pun bisa di-set hanya untuk diri sendiri. Di dalamnya bisa kita tumpahkan segala uneg-uneg dan curhat. Dengan demikian, perkataan dan tulisan di media-media sosial bisa lebih terkendali. Jadi, blog dipakai juga sebagai sarana untuk mengontrol diri.

Hal ini perlu lho bagi mereka yang sedang berusaha menciptakan personal branding. Untuk terjaganya citra diri yang baik, tentunya segala perkataan termasuk tulisan di media sosial harus dikontrol dengan baik. Jangan mudah mengatakan hal-hal yang negatif, mengundang perseteruan atau antipati dari orang lain. Walaupun demikian, bukan juga berarti jaim (jaga image) secara berlebihan lho ya.

Nah, kalau pengunjung blog semakin banyak, ngeblog itu menjadi kian asyik. Karena manfaat yang dirasakan semakin banyak. Bahkan blog bisa dijadikan sarana untuk mendulang rupiah. Monetizing, istilah kerennya.

Cowok Main Laptop

Lalu bagaimana supaya blog kita banyak pengunjung?

Well, ada beberapa cara sederhana yang dilakukan para blogger agar blognya ramai, yaitu:

  1. Konsisten mengisi blog dengan tulisan. Lakukan secara berkala. Jangan sampai membiarkan blog Anda menganggur terlalu lama.
  2. Bergabung dengan komunitas blogger dan penulis. Kalau bisa lebih dari satu. Kalau saya pribadi bergabung dan berinteraksi cukup aktif dengan beberapa komunitas.
  3. Rajin share posting-an blog di grup-grup yang diikuti dan di media sosial (FB, Twitter) atau di Google Plus.
  4. Berinteraksi dengan baik dengan anggota grup di mana kita bergabung. Jangan sekadar “simpan” link habis itu “pulang”.
  5. Blog walking, saling mengunjungi blog dari blogger/penulis lain. Berikan komentar yang nyambung dengan isi postingannya. Jangan sekadar menuliskan “nice post atau nice article”. Apalagi menuliskan “nice tips” padahal tulisan yang dikomentari sama sekali tak memberikan tips apa-apa.
  6. Rajin ikut lomba blog atau giveaway (lomba kecil-kecilan yang diadakan sesama blogger).
  7. Memasukkan link tulisan ke social bookmarking, seperti www.lintas.me
  8. Bergabung dengan social media marketing seperti Id Blog Network. Ini bisa merangsang minat menulis dan minat bersosialisasi dengan blogger-blogger lain.
  9. Menerapkan teknis SEO (search engine optimation).
  10. Konsisten dengan langkah-langkah di atas.

Mudah kan?

Tak ada yang sulit kalau memang kita memiliki passion yang kuat. Jadi, selain menerapkan hal-hal tersebut di atas, seorang blogger profesional senantiasa mampu menjaga passion-nya untuk konsisten ngeblog.

Tak percaya? Boleh dicoba dulu. Saya berani menuliskan ini karena saya sudah membuktikan asyiknya ngeblog dan mendapatkan banyak manfaat melalui ngeblog.

Comment di sini