Isi Kertas Doa Ibu Jokowi Sebelum Debat Capres

by
June 12th, 2014 at 9:46 am

Jakarta (CiriCara.com) – Kertas yang menyembul di jas capres Jokowi pada saat debat capres Senin (9/6/2014) lalu, memang memunculkan banyak pertanyaan. Ada yang menduga kertas tersebut adalah kertas contekan dan ada juga yang mengaku penasaran dengan isinya.

jokowi

Jokowi tunjukkan kertas doa yang terselip di jasnya – Ist

Setelah ramai dibicarakan publik, anggota tim sukses Jokowi-JK yang bernama Eep Saefulloh pun memberikan klarifikasi. Melalui akun Twitter-nya, @EepSFatah, dia menjelaskan bahwa kertas yang ada di balik jas Jokowi itu bukan contekan melainkan kertas doa.

Eep mengungkapkan bahwa kertas doa tersebut merupakan pemberian ibunda Jokowi. Kertas doa itu sengaja diselipkan di jas Jokowi agar mantan Wali Kota Solo ini bisa lancar dalam menjalani debatnya melawan pasangan capres-cawapres, Prabowo-Hatta.

“Itu doa Nabi Musa yg dititipkan Ibunda Pak @jokowi-do2!” demikian kutipan dari kicauan akun Twitter Eep yang mengklarifikasi kabar Jokowi menggunakan contekan dalam debat capres-cawapres perdana Senin lalu.

Sementara itu, Jokowi sendiri juga sudah menunjukkan isi dari secarik kertas yang menyembul di balik jasnya itu. Dan dari foto yang beredar di media, memang benar kertas tersebut berisi doa dengan bahasa Arab dan disertai teksnya.

Saat itu, Jokowi pun membantah dirinya menggunakan contekan. Usai debat dengan Prabowo-Hatta, Jokowi yang ditemui wartawan mengatakan bahwa kertas tersebut merupakan kertas doa agar dirinya bisa lancar dalam berbicara. “Ini surat doa dari ibu saya,” katanya.

Berikut isi dari kertas doa ibu Jokowi:

“Rabbis rahlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqahu qaulii.”

Yang artinya: Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Meskipun demikian, masih ada saja yang meragukan bahwa kertas yang menyembul di balik jas Jokowi adalah kertas doa dari ibundanya. Pasalnya, ukuran kertas doa yang ditunjukkan Jokowi ke wartawan berbeda dengan ukuran kertas yang muncul di jas Jokowi saat debat.

Tidak mau memperpanjang perdebatan, Eep pun lebih memilih untuk tidak menanggapi komentar negatif terkait kertas tersebut. Menurut Eep masih ada hal yang lebih penting lagi ketimbang membahas masalah secarik kertas yang menyembul di balik jas Jokowi.

(YG)

Comment di sini