Piala Dunia Bertepatan Ramadan, Pemain Muslim Tetap Puasa

by
June 12th, 2014 at 11:55 am

Brasil (CiriCara.com) – Untuk pertama kalinya sejak 1986, kompetisi Piala Dunia berbarengan dengan bulan suci Ramadan. Dimana pada bulan Ramadan ini umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Lalu, bagaimana dengan para pesepakbola Muslim yang berlaga di Piala Dunia?

kolo toure

Kolo Toure pemain Pantai Gading – Ist

Seperti diketahui, bulan Ramadan 1435 H akan dimulai pada 28 Juni 2014. Itu artinya, awal ibadah puasa bertepatan dengan hari pertama digelarnya pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil.

Hal itu jelas akan menjadi tantangan tersendiri buat para pesepakbola Muslim yang berlaga di Brasil. Pasalnya, dari 32 negara yang lolos ke Piala Dunia 2014, terdapat sejumlah tim yang mempunyai pemain bintang seorang Muslim.

Di Timnas Prancis ada Karim Benzema, Mamadou Sakho, Bacary Sagna, dan Moussa Sissoko yang merupakan Muslim. Di Timnas Pantai Gading ada nama Yaya Toure, Kolo Toure, Gervinho, dan Tiote.

Timnas Bosnia dan Herzegovina malah lebih banyak pemain Muslim, salah satunya bintang Manchester City, Edin Dzeko. Di Timnas Belgia ada Marouane Fellaini dan Moussa Dembele, di Swiss ada Xherdan Shaqiri, dan di Timnas Jerman ada Mesut Ozil.

Bagi pemain sepakbola Muslim yang taat, tentu menjalankan ibadah puasa menjadi salah satu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Kolo Toure misalnya, menurut dia, puasa saat pertandingan bola memang berat namun hal itu bisa diatasi jika sudah terbiasa.

Tantangan terberat bagi Toure adalah saat lima hari pertama puasa. “Namun setelahnya, tubuh mulai beradaptasi dan Anda bisa merasa bahagia. Anda bisa membersihkan tubuh juga dan merasa semakin kuat setelah Ramadan,” ujar pemain klub Liverpool ini.

Baca juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia 2014.

Ozil berdoa sebelum bertanding - IstLebih lanjut, Toure pun memberikan sejumlah tips untuk menyiasati puasa di tengah kompetisi. Hal itu diperolehnya setelah melakukan observasi Ramadan selama beberapa tahun dirinya berkarir di dunia sepakbola.

“Penting untuk Anda makan dengan baik. Penting buat Anda memakan-makanan yang tepat karena Anda bisa bertambah berat atau kehilangan berat badan. Karena itu juga Anda harus banyak minum,” ujar Toure, seperti dikutip dari DailyMail.

Selain memperhatikan pola makan, Toure pun mengatakan bahwa pesepakbola Muslim harus tahu batasan-batasan dari kemampuan tubuhnya. Pasalnya, saat menjalankan ibadah puasa, tubuh manusia akan kehilangan beberapa hal.

(YG)

Comment di sini