5 Kegunaan Adas untuk Kesehatan

by
June 16th, 2014 at 4:42 pm

CiriCara.com – Adakah di antara Anda yang belum familiar dengan tanaman adas? Tanaman adas biasanya diambil minyak dari bijinya untuk dijadikan bahan pembuatan minyak telon. Tanaman adas atau Anethum Foeniculum masuk dalam keluarga tanaman  adas-adasan atau Apiaccae atau Umbelliferae. Tanaman yang berasal dari daerah Mediterania ini bisa digunakan sebagai obat, sayur, dan bumbu masakan. Kini tanaman adas yang memiliki aroma herbal dan bunga berwarna kuning ini mudah dijumpai di banyak negara seperti Indonesia, India, Argentina, Eropa, dan Jepang.

Karena dibudidayakan, ini berarti tanaman adas memiliki banyak manfaat dan kegunaan selain sebagai bumbu dan sayur. Apa saja kegunaan tanaman herbal adas ini?

1. Mengatasi Kembung

kembung / Ist

kembung / Ist

Jika Anda merasa kembung, adas bisa dijadikan teh untuk mengatasi masalah kembung. Adas telah lama digunakan sebagai obat untuk masalah pencernaan dan bekerja sebagai diuretik dengan membuang kelebihan air dan zat yang tidak diperlukan. Keharuman teh adas dapat menenangkan bagi sebagian orang, dan minyak atsirinya memiliki sifat antiseptik sehingga membantu dalam pengobatan infeksi gastrointestinal.

Comment di sini