9 Fakta Unik Tentang Kentut

by
June 16th, 2014 at 1:24 pm

CiriCara.com – Semua orang pasti tahu apa itu kentut. Flatulensi atau kentut adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Kentut biasanya ditandai dengan rasa mulas di perut. Tapi sebenarnya apa si itu kentut?

ilustrasi bau kentut

Bau kentut – Ist

1. Dari mana asal kentut?

Kentut berasal dari gas di dalam usus. Gas di dalam usus dapat berasal dari banyak sumber, seperti udara yang kita telan saat mengunyah, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia, dan gas dari bakteri yang berada di dalam perut. Kentut mengandung 59% nitrogen, 21% hidrogen, 4% oksigen, 7% metana, dan 1% sulfur.

2. Mengapa kentut berbau?

Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan, senyawa ini mengandung sulfur di dalam makanan, makin banyak sulfur yang diproduksi oleh bakteri di dalam perut dan kentut makin berbau tidak enak. Protein berperan besar menghasilkan bau kentut, sedangkan kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut.

3. Berapa kali kita kentut dalam sehari?

Manusia normal memproduksi kentut setengah liter sehari, walaupun kebanyakan perempuan tidak mengakuinya. Berdasarkan studi, saat perempuan dan laki-laki memakan makanan yang sama, perempuan lebih banyak menghasilkan gas. Jika dijumlahkan, kentut seseorang dalam waktu 6 tahun dan 9 bulan, menghasilkan energi yang setara dengan bom atom.

4. Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur?

Karena density-nya lebih ringan, kenapa gas kentut tidak melakukan perjalanan ke atas? Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-nya untuk bergerak ke kawasan yg bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yg rumit & berbelit-belit.

5. Kentut mudah terbakar?

Kentut mengandung gas metana dan hidrogen dalam bakteri yang menghasilkan kentut mudah terbakar. Ada kasus medis yang langka dimana tim dokter harus menjauhkan sumber api karena gas yang mudah terbakar dihasilkan di dalam usus yang beresiko meledak saat operasi-operasi usus berlangsung.

6. Kentut saat tidur

Jika menahan kentut seharian, gas yang kita tahan akan keluar saat tidur. Kentut akan lepas saat otot dan tubuh kita rileks terutama saat tidur.

7.Kentut saat meninggal

Jika seseorang meninggal, 3 jam kemudian tubuh akan terus memproduksi dan menghasilkan gas yang disebabkan oleh otot yang berkontraksi untuk terakhir kali, dan hal ini membuat gas tetap keluar dari jalur pencernaan dalam bentuk sendawa dan kentut.

Macbookgeek

Macbookgeek

8. Hukum kentut beberapa kultur

Kebanyakan orang menahan kentut saat di depan umum, tetapi ada beberapa kultur yang tidak keberatan untuk kentut di depan umum. Suku Indian Yanomami di Amerika Selatan, menganggap kentut sebagai salam. Di China, ada pekerjaan sebagai pencium kentut profesional. Di zaman Roma Kuno yang dipimpin oleh Kaisar Claudius, menahan kentut berdampak buruk bagi kesehatan sehingga ia membuat undang-undang boleh kentut saat makan malam kerajaan.

9. Menahan kentut buruk bagi kesehatan

Sembilan dari 10 dokter setuju dengan pernyataan, kentut adalah hal alami yang dikeluarkan oleh pencernaan, jadi menahannya tidak akan membuat kita sakit. Akan tetapi, banyak juga yang mengungkapkan bahwa menahan kentut dapat menyebabkan perut kembung dan paling buruk dapat terkena wasir serta usus menjadi buncit.

Baca juga: Pakaian Dalam Peredam Bau Kentut.

Dibuat oleh: Paulina Maldini

Comment di sini