Cara Mendapatkan Restu Orangtua dalam Pacaran Beda Suku

by
June 16th, 2014 at 10:30 am

CiriCara.com - “Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau
Sambung-menyambung menjadi satu
Itulah Indonesia”

pacaran

Pacaran beda suku – Ist

Kutipan lirik lagu di atas sangatlah tidak asing bagi telinga kita. Dibalik lagu tersebut tersirat sebuah pesan yang menyatakan kebanggaan Bangsa Indonesia akan keanekaragaman suku bangsa dan budayanya. Keanekaragaman tersebutlah yang mempersatukan dan memperkokoh masyarakatnya.

Namun, hal tersebut tidak berlaku dalam hal percintaan. Seringkali ditemukan perbedan suku dan budaya yang malah menjadi salah satu penghambat utama dalam menjalin hubungan dengan pasangan bahkan dianggap “tabu” oleh sebagian besar orang. Kendala tersulit yang ditemukan dalam hal ini adalah restu dari orangtua. Padahal, restu dari orangtua merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalin hubungan. Berikut ini merupakan 5 cara yang dapat dicoba untuk mendapatkan restu orangtua dalam pacaran beda suku:

1. Ceritakan Budaya Kamu Kepada Pasangan

Sadarilah bahwa kamu dan pasangan dibesarkan dalam adat istiadat dan budaya yang berbeda. Ceritakanlah kepada pasangan kamu mengenai budaya kamu dan bukalah hati kamu untuk mendengarkan cerita dari pasangan sehingga segala perbedaan dapat dipersatukan. Bersikaplah terbuka terhadap segala sesuatu perbedaan yang ada, bicaralah dengan baik dan tidak terkesan menggurui sehingga dia juga bisa menerima setiap perbedaan yang ada.

2. Bangun Hubungan yang Baik Dengan Keluarga Pasangan

Mulailah untuk membangun hubungan dengan keluarga pasangan kamu. Memang dalam membangun hubungan yang baik tersebut bukanlah hal yang mudah melainkan membutuhkan sebuah proses yang panjang. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti makan bersama, ngobrol santai mengenai isu-isu hangat yang sedang terjadi atau pergi jalan-jalan bersama. Buatlah diri kamu menjadi sosok yang baik di mata keluarganya. Jika hubungan yang baik sudah tercipta, niscaya restu dari orang tua pun akan didapat.

3. Tunjukan Bahwa Kamu Benar-benar Serius dengan Pasangan Kamu

Tunjukanlah kepada orangtua kamu masing-masing bahwa kalian benar-benar serius dalam menjalin hubungan dengan pasangan kamu. Setiap orang tua pasti memantau kegiatan anaknya di luar rumah. Oleh sebab itu, tunjukanlah hal postif dalam hubungan kamu, seperti tidak pulang sampai larut malam atau jika pasangan kamu jarang beribadah ajaklah untuk rajin melakukan ibadah. Dengan menunjukan hubungan yang positif dan serius, hati orang tua mana yang tidak luluh dan restu bisa didapat dengan baik.

4. Hormati Budaya Pasangan Ketika Berada di Tengah Keluarga

Seringkali kamu dihadapkan dengan hal-hal yang bertolak belakang dengan keyakian dan kebiasaan pasangan kamu. Belajarlah untuk membuka hati dalam menerima hal-hal baru. Bersikaplah fleksibel dan terbuka terhadap budaya lain. Hindari setiap paradigma maupun stereotype yang negatif terhadap budaya lain. Buatlah dirimu senyaman dan se-enjoy mungkin ketika berhadapan dengan keluarga pasangan. Hormati budaya mereka dengan mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan keluarga pasangan.

bertemu calon mertua

Bertemu calon mertua – Ist

5. Tetap Berusaha dan Bersabar

Seringkali dalam menjalankan proses tersebut kamu mendapatkan respon yang negatif baik dari orang tua pasangan sampai keluarga besarnya. Jika hal tersebut terjadi, tetap hormati mereka, jangan tunjukan sikap negatif dan tunjukan bahwa hubungan kamu dilandasi dengan cinta dan ketulusan. Tetaplah berusaha dan bersabar karena mendapatkan kepercayaan orangtua bukanlah hal yang mudah melainkan dibutuhkan proses yang panjang.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam menghadapi hubungan beda budaya. Ingatlah, walaupun banyak halangan dan rintangan yang berat, cinta akan tetap bermuara pada cinta sejatinya. Tetaplah berusaha dan terus bersabar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Comment di sini