Jokowi vs Prabowo, Siapakah Pilihan Masyarakat Indonesia?

by
June 16th, 2014 at 3:34 pm

CiriCara.com – Hajat besar Indonesia yang kian mendekati hari-H membuat suasana persaingan diantara 2 kubu calon presiden semakin terlihat. Mulai dari adu argumen dalam debat Capres dan Cawapres hingga adu sindiran di media massa. Masing-masing tim sukses dari masing-masing calon capres dan cawapres seperti ingin saling menjatuhkan dan menguak kejelekan dari masing-masing kandidat.

jokowi dan prabowo

Jokowi vs Prabowo – Ist

Prabowo Subianto, sang Capres no urut 1 dengan background militer mampu menyihir masyarakat dan memunculkan citra tegas, berani dan kharismatik. Di sisi lain, Joko Widodo, sang Gubernur DKI Jakarta dengan citra “merakyat” dan gaya blusukannya yang kental dengan kesederhanaan serta dekat dengan wong cilik. Rakyat Indonesia sudah pasti dibuat bingung dengan 2 kandidat capres dan cawapres ini.

Berikut ini akan disajikan beberapa perbandingan antara 2 kandidat calon orang nomor 1 RI ini.

1. Elektabilitas Jokowi-JK lebih unggul dari Prabowo-Hatta

Dilihat dari sisi elektabilitas, ternyata Jokowi mampu menarik perhatian publik lebih tinggi daripada Prabowo yang menggandeng Hatta sebagai cawapresnya. Dalam survei yang dirilis lembaga survey Cyrus Network (10/6/2014) menyebutkan bahwa elektabilitas Prabowo-Hatta sebesar 41,1% sedangkan duet Jokowi-JK meraih 53,6%.

2. Visi Jokowi vs Visi Prabowo

Menilik dari visi dan misi yang diusung oleh kedua kandidat, secara keseluruhan  terlihat hampir serupa namun jika kita resapi lebih dalam, dalam paparan visinya, Jokowi terlihat ingin menyampaikan bahwa ia ingin menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia dengan asas gotong royong yang diungkapkannya. Kesan Jokowi yang pro rakyat kecil dengan gaya blusukannya sangat kental dituangkan dalam visinya tersebut. Adapun Visi Jokowi-JK adalah terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-Royong.

Di lain sisi capres nomor 1, Prabowo Subianto dengan segala ketegasan dan keberaniannya seakan tergambar dari visi yang diusungnya, yakni membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat. Prabowo pun sempat memberikan statement yang menyindir beberapa kalangan yakni “Pilihan hanya dua. Pemimpin kurawa atau pandawa? Dipimpin orang bersih atau koruptor? Banyak pemimpin saat ini hanya memikirkan cara untuk membohongi rakyat. Bukan cara untuk mensejahterakan rakyat. Mereka ingin Indonesia dipimpin boneka, karena mereka ingin Indonesia miskin dan menjadi budak di negerinya sendiri.”

3. Agenda Kerja Jokowi vs Prabowo

Mengenai agenda kerja Jokowi jika nanti terpilih menjadi Presiden RI, ia menawarkan 9 agenda prioritas yang akan diwujudkannya. Sementara Prabowo Subianto, ia menawarkan 8 agenda dan program nyata untuk menyelamatkan Indonesia. Secara keseluruhan agenda yang ditawarkan kedua kandidat yang boleh dibilang sama-sama kuat ini adalah mencakup hal-hal yang sama.

prabowo subianto joko widodo

Prabowo dan Jokowi – Okezone.com

Agenda atau program kerja keduanya mengenai masalah-masalah pendidikan, kesehatan, perekonomian, pembangunan, restrukturisasi pemerintahan yang bebas korupsi. Namun ada poin menarik yang menjadi agenda duet Jokowi-JK yang tidak tercantum dalam agenda kedepan Prabowo-Hatta, yakni “Kami akan menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara”. Ini sungguh ganjil, mengingat banyak kalangan yang berpendapat bahwa Nasionalisme Prabowo patut diacungi jempol. Poin mengenai “pertahanan dan keamanan” negara yang syarat dengan background militernya pun tidak muncul dalam agenda dan program nyata sang “Garuda” untuk menyelamatkan Indonesia.

Meskipun demikian, keputusan untuk memilih capres-cawapres tetap menjadi hak masyarakat. Anda sebagai warga negara Indonesia yang baik bisa menyalurkan hak suaranya sesuai dengan hati dan kepercayaan Anda. Pilihlah calon pemimpin yang adil dan baik untuk Indonesia. 

Comment di sini