Mahfud MD: Debat Capres Prabowo Menang 5-1 dari Jokowi

by
June 16th, 2014 at 10:09 am

Jakarta (CiriCara.com)Debat calon presiden (Capres) kembali digelar pada Minggu (15/6/2014) malam kemarin. Pada debat kali ini, hanya menghadirkan capres Prabowo Subianto dan capres Joko Widodo. Lalu, bagaimana dengan hasil debatnya?

jokowi

Prabowo vs Jokowi – Ist

Mantan Ketua MK Mahfud MD menilai bahwa pada debat capres tersebut, capres Prabowo lebih unggul dibanding capres Jokowi. Mahfud pun memberikan skor 5-1 untuk keunggulan Prabowo dalam debat capres itu.

“Kalau buat skor 5-1 tadi untuk kemenangan Prabowo. Perdebatan itu oke, terlayani untuk rakyat kayak Spanyol lawan Belanda,” kata Mahfud MD di Hotel Gran Melia, seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin (16/6/2014).

Mahfud MD menilai pada sesi debat ke-1, 2, 3, 5, dan 6, Prabowo berhasil menang mutlak atas Jokowi. Menurutnya jawaban yang diberikan Prabowo pada sesi debat tersebut lebih konkret dibanding Jokowi yang dinilai hanya memberikan jawaban berupa konsep.

Mengenai debat sesi ke-4, menurut Mahfud MD, Prabowo kalah karena jawaban yang diberikan terlalu singkat. Jawaban Prabowo dalam debat sesi ke-4 ini cenderung tidak memberi solusi. Karenanya, Mahfud MD menilai Prabowo kalah dari Jokowi di sesi ini.

Berdasarkan penilaian tersebut, Mahfud MD pun menyebut skor debat capres tadi malam adalah, Prabowo Subianto 5 dan Joko Widodo 1. Mahfud MD juga menilai visi-misi Prabowo lebih konkret dibanding visi-misi yang dijabarkan Jokowi dalam debat tersebut.

Lebih lanjut, kata Mahfud MD, cara Jokowi menjabarkan visi-misinya juga terlihat kaku. Mantan Walikota Solo ini dianggap hanya berkutat pada konsep tanpa memberikan visi-misi konkret yang bisa diterapkan untuk Indonesia ke depannya.

“Jokowi matang berpusat di konsep, jawabannya panjang-panjang dan kaku,” ujar Mahfud MD yang juga merupakan Ketua Tim Sukses Pasangan Prabowo-Hatta ini.

Meskipun demikian, pada debat capres semalam, Prabowo sempat mengungkapkan persetujuannya dengan jawaban Jokowi. Insiden Prabowo tidak tahu singkatan dari TPID saat ditanya Jokowi pun sempat ramai dibahas di media sosial.

Sebagai pemirsa debat capres, tentu Anda bisa menilai sendiri siapa yang kira-kira terbaik untuk jadi presiden mendatang. Jadi, siapa menurut Anda yang menang dalam debat capres semalam? Apakah Prabowo Subianto atau Joko Widodo?

(YG)

Comment di sini