6 Bahan Berbahaya yang Ada pada Sunscreen

by
June 17th, 2014 at 4:33 pm

CiriCara.com – Tinggal di negara tropis seperti Indonesia dimana matahari bersinar cerah sepanjang tahun, hal esensial yang harus kita lakukan adalah melindungi kulit dari sinar jahat matahari yang dapat menyebabkan kulit terbakar, kering, keriput, dan bahkan kanker kulit.Salah satu bentuk perlindungan yang paling umum adalah pemakaian sunscreen, sunblock, atau produk kecantikan apapun yang mengandung SPF (sun protection factor). Sementara kita bebas memakai sunscreen, tahukah Anda bahwa beberapa produk tabir surya mengandung bahan yang masih dipertanyakan keamanannya? Beberapa bahan bisa saja berbahaya dan mempengaruhi kulit dan tubuh, misalnya reaksi alergi, kekacauan hormon, dan munculnya keriput.

Sebelum kita lanjut membahas komposisi bahan berbahaya pada sunscreen, ada baiknya Anda mengetahui dua tipe sunscreen yang dikutip dari situs Women’s Health. Sunscreen dibedakan menjadi dua macam, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Physical sunscreen atau biasa disebut sunblock, mengandung mineral alami seperti titanium dioxide dan zinc oxide yang menutup permukaan kulit untuk menangkal sinar UVA dan UVB secara fisik. Jika Anda tidak memakai produk SPF bagus, tekstur sunblok yang Anda pakai bisa saja kental dan sulit diratakan. Selain itu, biasanya meninggalkan warna putih di kulit dan sisa produknya bisa menyumbat pori kulit. Butuh scrubbing untuk mengangkat sisa produk sunscreen macam ini.

Sebaliknya, chemical sunscreen mengandung komposisi bahan sintetik seperti oxybenzone dan octinoxate yang bisa diserap ke dalam kulit untuk menyaring sinar UV dan secara efektif dapat melindungi setiap lapisan kulit. Karena formula diserap kulit, zat kimia di dalamnya bisa menyebabkan iritasi dan reaksi berlebihan lainnya. Ditambah lagi, bahan pada chemical sunscreen dapat berubah menjadi radikal bebas jika terkena sinar matahari.

Untuk mencegah adanya efek samping dari penggunaan sunscreen, sebaiknya Anda menghindari bahan-bahan berikut ini yang umum ditemukan pada sunscreen.

1. Oxybenzone

sunscreen / Ist

sunscreen / Ist

Oxybenzone bekerja sebagai pendukung penetrasi, yakni zat kimia yang mendukung zat kimia lainnya masuk ke dalam kulit. Ketika terpapar sinar matahari, oxybenzone mengalami reaksi kimia. Jika sudah terserap kulit, zat kimia ini dapat menyebabkan alergi seperti eksim yang dapat menyebar dan terus berlanjut meski sudah tidak terkena matahari lagi. Para ahli menduga bahwa oxybenzone mengacaukan hormon yang dapat membuang sistem endokrin Anda.

Comment di sini