Makassar: 7 Hal yang Membuat Pantai Losari Eksotis

by
June 18th, 2014 at 11:13 am

CiriCara.com – Bila Anda berkunjung ke Makassar, tak lengkap jika tak mengunjungi pantai Losari – ikon kota Makassar. Warga Makassar sekarang menjadikan pantai Losari sebagai tempat favorit mereka dalam berwisata. Murah, karena tak membutuhkan biaya untuk mengaksesnya, kecuali biaya transportasi dan parkir saja. Dan meriah, karena ada 7 hal yang bisa dinikmati di sana. Ketujuh hal inilah yang membuat pantai Losari menjadi eksotis:

pantai losari

Pantai Losari, Makassar – Ist

  1. Angin pantai
  2. View yang indah, utamanya sun set.
  3. Aneka makanan, seperti pisang epe’ (pisang yang dipanggang dan disajikan dalam berbagai cita rasa)
  4. Mengelilingi tepian pantai dengan “kendaraan” berbentuk angsa.
  5. Masjid terapung Amirul Mukminin yang berarsitektur indah.
  6. Pasar kaget di Minggu pagi.
  7. Dekat dengan Fort Rotterdam dan Trans Studio.

Di pantai Losari ada 4 anjungan yang diberi nama sesuai dengan nama-nama suku yang ada di Sulawesi Selatan, yaitu Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja. Asyik sekali duduk-duduk santai di anjungan sambil ngobrol, menikmati pemandangan, dan mencicipi makanan ringan.

Akses ke pantai Losari pun mudah. Ada pete’-pete’ (sebutan untuk angkutan kota) yang jalurnya melalui Jalan Penghibur (nama jalan di mana pantai Losari terletak), yaitu pete’-pete’ jalur Cendrawasih – Pasar Sentral.

Selain pete’-pete’, ada pula busway yang jalurnya melalui jalan Penghibur dan haltenya bertempat di bekas rumah makan Pualam. Bahkan dengan jalur busway ini, kita bisa mengitari kota Makassar hingga ke Trans Studio yang tak begitu jauh dari pantai Losari.

Di Trans Studio, aneka hiburan ala kota besar bisa diperoleh. Segala macam permainan ada di sana. Sebagian berupa wahana yang berputar, kalau bukan berputar horizontal, berupa wahana yang berputar vertikal. Trans Studio di Makassar juga merupakan tempat wisata yang disukai warga luar Makassar karena hanya satu-satunya di Indonesia timur.

Khusus di hari Minggu pagi, ada berbagai hiburan yang bisa diperoleh di pantai Losari, seperti mainan anak-anak dan juga sekaligus wisata belanja aneka barang. Mulai dari aneka makanan dan minuman yang dijual di sana. Ada pula pakaian dan jilbab. Juga ada souvenir buatan tangan pengrajin Makassar yang kreatif.

Di hari Minggu, area pantai Losari menjadi area car free day. Di hari ini, pantai Losari amat memanjakan para pengusaha kecil dan menengah di Makassar. Mulai dari pedagang yang menggunakan kendaraan bermotor, pedagang bergerobak dorong, hingga pedagang kaki lima tumpah ruah di sana. Pengunjung bebas memanjakan lidah dan leher mereka dengan aneka hidangan tradisional maupun modern.

Banyak pengunjung yang sengaja datang ke pantai Losari untuk menunggui sun set. Konon pemandangan matahari terbenam di pantai Losari merupakan salah satu pemandangan yang terindah di dunia.

pantai losari

Pemandangan di Pantai Losari, Makassar – Ist

Anjungan menjadi tempat yang disukai anak-anak karena banyaknya penjual mainan anak-anak di sana. Bahkan ada yang menggelar semacam jasa mainan anak-anak dengan menyediakan mainan semacam carrousel dan odong-odong yang mampu membuat anak-anak tertawa bahagia.

Aneka patung terdapat di area pantai Losari. Patung-patung tersebut merupakan miniatur kebudayaan Sulawesi Selatan. Ada patung orang berpakaian adat, patung becak, hingga patung para pahlawan asal Sulawesi Selatan.

Bagaimana dengan hotel dan penginapan? Banyak. Di sekitar pantai Losari banyak hotel dan penginapan, juga restoran. Satu lagi ikon kota terletak dekat dengan pantai Losari: Fort Rotterdam, berupa bangunan (benteng) peninggalan kolonial Belanda. Di tempat ini dulu pangeran Diponegoro pernah ditahan.

Nah, seru kan ikon kota yang satu ini? Jadi, ingat ya .. kalau ke Makassar, jangan sampai tidak ke pantai Losari!

Comment di sini