Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Mulut

by
June 18th, 2014 at 10:13 am

CiriCara.com – Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dan pemberi aroma pada masakan, tapi juga mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bisa mengurangi risiko kanker payudara, perut, tenggorokan, usus, dan kulit. Sayangnya, masakan dengan bumbu bawang putih kadang meninggalkan bau tidak sedap di mulut jika kita memakannya. Misalnya saja sambal kosek yang mempunyai cita rasa bawang putih yang kuat. Setelah memakannya, pasti bau mulut menjadi bau bawang putih.

Mengapa bawang putih bisa meninggalkan bau mulut tidak sedap? Pertama, senyawa sulfur pada bawang putih yang Anda makan menempel di mulut dan secara langsung memberi mulut Anda bau bawang putih. Senyawa berbau ini akan terus menempel di mulut hingga Anda menggosok gigi dan berkumur. Kedua, bawang putih mempengaruhi napas melalui paru-paru. Senyawa yang membuat napas yang berasal dari paru-paru berubah jadi bau adalah allyl methyl sulfide (AMS). AMS adalah gas yang diserap ke dalam darah selama tubuh memetabolisme bawang putih. Kemudian AMS dikirim dari darah menuju paru-paru. Beberapa AMS dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Inilah sebabnya mengapa bau napas bawang putih sulit sekali dhilangkan sebanyak apapun kita menggosok gigi, bau bawang putih datangnya dari napas yang berasal dari paru-paru.

Untuk menghilangkan bau bawang putih di mulut, Anda bisa menutupinya dengan melakukan hal sebagai berikut:

1. Sikat Gigi

Pasta gigi pemutih / Ist

sikat gigi / Ist

Hal paling mudah setelah makan makanan yang terdapat bawang putih di dalamnya adalah sikat gigi. Lakukan sikat gigi minimal 2 menit untuk menghilangkan sisa bau bawang putih yang menempel di mulut. Bila perlu, sikatlah pula lidah secara lembut dengan sikat lidah.

Comment di sini