Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan

by
June 18th, 2014 at 3:26 pm

CiriCara.com – Kelapa adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat, khususnya dalam hal kesehatan. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapat untuk tubuh jika Anda rajin mengkonsumsi buah kelapa. Hampir semua bagian dari kelapa mulai dari air kelapa, daging buah kelapa, hingga minyak kelapa semuanya bermanfaat untuk kesahatan. Salah satu contohnya adalah, air kelapa mempunyai efek yang menyegarkan juga berguna sebagai anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Bahkan air kelapa juga memiliki khasiat sebagai penetral racun.

kelapa muda

Manfaat kelapa – Ist

Tentu saja tidak hanya airnya yang memiliki banyak manfaat, tetapi juga daging kelapa yang kaya akan serat ini mengandung banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh Anda. Dimana daging kelapa dapat membantu meningkatkan energi juga dapat melawan radikal bebas, mengurangi insomnia, hingga mengurangi nyeri saat haid dan masih banyak lagi manfaat dari kelapa.

Kelapa sangat mudah didapat. Apalagi saat ini sudah ada banyak penjual kelapa muda maupun tua yang berjualan di pinggir-pinggir jalan. Mau tahu apa saja manfaat menyehatkan yang didapat dari kelapa? Berikut ini adalah berbagai macam manfaat kelapa untuk kesehatan:

Meningkatkan Energi

Buah kelapa dapat membantu mempercepat sistem metabolisme sehingga dapat meningkatkan energi pada tubuh. Kandungan vitamin dan mineral pada buah kelapa juga mengandung nutrisi dan elektrolit yang mampu meningkatkan energi. Selain itu kelapa juga meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah terjangkit oleh penyakit. Sangat cocok buat Anda yang merasa sering lemas dan sakit-sakitan.

Menguatkan Tulang & Gigi

Buah kelapa juga kaya akan kalsium dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang seperti, mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang). Kelapa juga baik dikonsumsi untuk mengurangi nyeri sendi dan tulang rapuh. Kandungan kalsium dan magnesium ini juga merupakan nutrisi yang dapat menguatkan dan menyehatkan gigi. Jadi, kelapa ini bisa menjadi pengganti asupan nutrisi buat tulang bagi Anda yang tidak suka atau alergi susu.

Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang sedang dalam proses diet, buah kelapa dapat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan secara bertahap. Meminum air kelapa secara teratur dapat dapat membantu menekan rasa lapar, karena air kelapa mengandung rendah lemak, kalori dan gula. Kelapa yang kaya akan serat juga membantu melancarkan buang air besar.

Menyehatkan Rambut dan Mengatasi Rambut Rontok

Minyak kelapa sangat baik dalam membantu pertumbuhan rambut dan juga mampu melembapkan rambut sehingga rambut menjadi lebih mudah diatur dan lembut. Dikarenakan banyaknya vitamin E yang terkandung dalam kelapa, jika kita rutin mengkonsumsinya maka pertumbuhan rambut pun dapat menjadi cepat dan banyak. Sangat cocok buat Anda yang sedang mengalami masalah rambut rontok ataupun tipis.

Air kelapa / Ist.

Air kelapa / Ist.

Penetral Racun

Air kelapa mengandung antidotum sehingga dapat membantu mengeluarkan racun yang terdapat dalam lambung. Air kelapa juga dapat membantu untuk mencairkan racun yang sudah terlanjur menyusup ke dalam darah, sehingga bisa dikeluarkan melalui ginjal. Jadi, air kelapa ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk orang yang keracunan.

Mencegah Dehidrasi

Selain menyegarkan, tentunya kelapa juga memiliki kegunaan untuk mengurangi dehidrasi. Air kelapa yang dikenal sebagai minuman isotonik dapat memberikan efek pendinginan pada tubuh dan menolong Anda dari dehidrasi. Air kelapa ini mempunyai karakter yang sama dengan cairan tubuh manusia sehingga cocok untuk pengganti cairan tubuh yang hilang.

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi kelapa. Anda bisa mencobanya sendiri!

Comment di sini